Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Ornila Zumarni, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2015

Abstrak kata kunci : team quiz, pembelajaran, hasil belajar salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometri dan alat-alat optik kelas x-mia1 sman 1 krueng barona jaya aceh besar” ini bertujuan untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz. subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas x mia 1 sman 1 krueng barona jaya tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 17 siswa. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali menggunakan kata. sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah ptk. instrumen pengumpulan data penelitian yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar kerja siswa, dan lembar respon siswa terhadap kegiatan pbm dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz yang keempatnya dianalisis menggunakan uji persentase. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz telah meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini telah mencerminkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz lebih berpusat pada siswa (2) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga terlihat meningkat yaitu pada siklus i 3,16, siklus ii 3,81 dan siklus iii 4 (3) respon siswa terhadap kegiatan belajar bersifat senang, berminat dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran dengan diterapkannya model kooperatif tipe team quiz (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometri dan alat-alat optik di sma negeri 1 krueng barona jaya.



Abstract



    SERVICES DESK