Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Mai Bony Dollah, FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Keperawatan,2015

Kementrian riset, teknologi & pendidikan tinggi universitas syiah kuala fakultas keperawatan skripsi 27 juli 2015 xxxxxiv + vi + 7 halaman utama + 11 tabel + 1 gambar + 7 lampiran mai bony dollah 1307101020171 faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan keperawatan pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah dr. zainoel abidin banda aceh. abstrak kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu rumah sakit untuk mengukur kualitas layanan kesehatan. pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dirumah sakit, kualitas pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan keperawatan sehingga perlu adanya perhatian mutu pelayanan keperawatan dirumah sakit tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan keperawatan pasien di instalasi gawat darurat rumah sakit umum zainoel abidin banda aceh. jumlah sampel sebanyak 35 orang. analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji chi square. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kemampuan perawat dengan dengan pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat dengan nilai p value (0,05) ? ? (0,05), tidak ada pengaruh antara motivasi perawat dengan dengan pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat dengan nilai p value (0,628) > ? (0,05), ada pengaruh antara supervisi perawat dengan dengan pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat dengan nilai p value (0,004) < ? (0,05) dan ada pengaruh antara gaya kepemimpinan dengan dengan pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat rumah sakit umum zainoel abidin banda aceh p value (0,029) < ? (0,05). berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlunya meningkatkan perhatian rumah sakit terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan cara melatih perawat untuk dapat bekerja dengan efisien dalam mengatasi masalah pasien dengan cepat dan tepat, melatih perawat untuk berbuat adil dalam memberikan pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial. kata kunci : kemampuan, motivasi, supervisi, gaya kepemimpinan, pelayanan keperawatan. daftar bacaan : 18 buku, 1 internet (2000-2008).



Abstract



    SERVICES DESK