Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Melly Afriyati, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Kedokteran,2013

Hakekat dasar dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan adalah harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pasien. kepuasan pasien merupakan evaluasi pasien dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil sama dengan harapan. kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan kesehatan meliputi pelayanan admisi, dokter, perawat, makanan, obat-obatan, sarana, peralatan, lingkungan fisik serta pelayanan administrasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas kota banda aceh yang dilaksanakan sejak bulan juni 2012 sampai maret 2013. jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional. data kuesioner yang diperoleh dari 120 responden dianalisis secara deskriptif, kemudian untuk mencari pengaruh tiap variabel pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien akan dilakukan analisis dengan uji chi-square pada program spss version 17.0. hasil uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan administrasi (p=0.001), pelayanan dokter (p=0.000), pelayanan paramedis (p=0,000), pelayanan obat (p=0,003), dan ketersediaan sarana prasarana (p=0,003) dengan kepuasan pasien. secara keseluruhan diperoleh nilai (p=0,000) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas kota banda aceh. upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan untuk memberikan kepuasan yang lebih baik bagi pasien. kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, puskesmas



Abstract



    SERVICES DESK