Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Fajar Mailina, Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Model Banda Aceh. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2013

Kata kunci: model pembelajaran, reciprocal teaching, hasil belajar. model pembelajaran reciprocal teaching merupakan model pembelajaran yang bertujuan agar siswa tidak hanya akan membaca materi dan mendengarkan ceramah dari guru, tetapi juga memahami konsep-konsep materi melalui empat strategi pemahaman mandiri, yaitu: menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, dan memprediksi pertanyaan. penelitian menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model reciprocal teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran reciprocal teaching, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran reciprocal teaching dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran reciprocal teaching. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ips 3 man model banda aceh yang berjumlah 32 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran reciprocal teaching, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran reciprocal teaching, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian model reciprocal teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual dan k;asikal secara keseluruhan meningkat dari siklus pertama hingga siklus kedua, persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang banyak menggunakan waktu adalah menunjuk salah satu siswa mewakili kelompoknya berperan menjadi guru menjelaskan hasil kerja kelompoknya dan aktivitas siswa yang paling banyak menggunakan waktu adalah siswa mewakili kelompoknya berperan menjadi guru menjelaskan hasil kerja kelompoknya, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran reciprocal teaching meningkat dari skor 2,9 dengan kategori baik pada siklus satu menjadi 3,4 dengan kategori baik pada siklus dua, dan persentase respon siswa baik terhadap penerapan model pembelajaran reciprocal teaching, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi amdal dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.



Abstract



    SERVICES DESK