Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Nanda Irma Rahayu, PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT WHITENING DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Banda Aceh Fakultas Ekonomi dan Bisnis,2023

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas terhadap keputusan pembelian scarlett whithening dengan sikap sebagai variabel mediasi. populasi yang digunakan adalah pengguna produk scarlett whitening di kota banda aceh dengan sampel 114 responden. peralatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. path analysis dan uji sobel digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh antar variabel-variabel yang terlibat. berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. dan hasil uji sobel pada pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa pengetahuan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sikap sebagai variabel mediasi. religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sikap sebagai variabel mediasi. kata kunci : pengetahuan produk, religiusitas, sikap, keputusan pembelian, path analysis



Abstract

ABSTRACT This study aims to measure the effect of product knowledge and religiosity on scarlett whithening's purchasing decisions with attitude as a mediating variable. The population used is scarlett whitening product users in the city of Banda Aceh with a sample of 114 respondents. The data collection equipment used in this study was a questionnaire. The sampling technique used was purposive sampling. Path analysis and Sobel test are used as analytical methods to determine the effect of the variables involved. Based on the results of the research analysis, it was found that product knowledge had a positive and significant effect on purchasing decisions. Religiosity has a positive and significant effect on purchasing decisions. Product knowledge has a positive and significant effect on attitudes. Religiosity has a positive and significant effect on attitudes. Attitude has a positive and significant effect on purchasing decisions. And the results of the Sobel test on the indirect effect show that product knowledge has a positive and significant influence on purchasing decisions with attitude as a mediating variable. Religiosity has a positive and significant influence on purchasing decisions with attitude as a mediating variable. Keywords: Product knowledge, Religiosity, Attitude, Purchase decision, path analysis



    SERVICES DESK