Studi pengaruh variasi laju aliran terhadap distribusi tekanan dan volume friction pada lambung kapal (boat) aceh muhammad fathur ridha nim 1504102010034 keahlian konversi energi program studi teknik mesin jurusan teknik mesin dan industri fakultas teknik universitas syiah kuala abstrak abstrak kapal aceh dilihat dari desainnya, memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan kapal tradisional lainnya di nusantara. karakteristik utamanya yang jelas tampak adalah bagian depan atau haluan kapal yang menjulang tinggi. kapal yang sehari-hari digunakan nelayan untuk melaut masih sangat khas, yaitu kapal kecil atau lebih dikenal dengan sebutan boat. kapal aceh umumnya digunakan untuk menangkap ikan dan terbuat dari material kayu.penelitian ini berfokus pada metode elemen hingga computational fluid dynamic (cfd) pada model geometri kapal aceh. penelitian dilakukan guna mengetahui distribusi tekanan dan volume friction pada lambung kapal aceh. adapun variasi laju aliran yang diterapkan antara lain berkisar antara 0 m/s – 12 m/s. hasil pengujian menunjukkan bahwa distribusi tekanan maksimum diperoleh pada variasi laju aliran 12 m/s yaitu sebesar 51.26 mpa, sedangkan distribusi tekanan minimum diperoleh pada variasi laju aliran 0 m/s yaitu sebesar 0,2 mpa. adapun volume friction maksimum diperoleh pada variasi laju aliran 12 m/s yaitu sebesar 1, sedangkan volume friction minimum diperoleh pada variasi laju aliran 0 m/s yaitu sebesar 0. kata kunci : kapal aceh, computational fluid dynamic (cfd), distribusi tekanan, volume friction.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STUDI PENGARUH VARIASI LAJU ALIRAN TERHADAP DISTRIBUSI TEKANAN DAN VOLUME FRICTION PADA LAMBUNG KAPAL (BOAT) ACEH. Banda Aceh Fakultas Teknik - Teknik Mesin,2023
Baca Juga : GAMBARAN LAJU ALIRAN SALIVA TANPA STIMULASI PADA PASIEN TERINDIKASI GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD) DI RSUD ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fajri Eka Wardana, 2016)
Abstract
Study of Effect of Flow Rate Variation on Pressure Distribution and Friction Volume on Aceh Boat Hull Muhammad Fathur Ridha NIM 1504102010034 Energy Conversion Expertise Mechanical Engineering Study Program, Department of Mechanical and Industrial Engineering Faculty of Engineering, Syiah Kuala University ABSTRACT Abstract The Aceh ship, seen from its design, has a very different shape from other traditional ships in the archipelago. Its main characteristic that is clearly visible is the soaring fore or bow of the ship. The ships that fishermen use every day to go to sea are still very distinctive, namely small boats or better known as boats. Aceh boats are generally used to catch fish and are made of wood. This research focuses on the Computational Fluid Dynamic (CFD) finite element method on the geometry model of Aceh boats. The research was conducted to determine the distribution of pressure and volume of friction on the hull of the Aceh ship. The variations in the flow rate applied range from 0 m/s – 12 m/s. The test results show that the maximum pressure distribution is obtained at a flow rate variation of 12 m/s which is equal to 51.26 MPa, while the minimum pressure distribution is obtained at a flow rate variation of 0 m/s which is equal to 0.2 MPa. The maximum friction volume is obtained at a flow rate variation of 12 m/s which is equal to 1, while the minimum friction volume is obtained at a flow rate variation of 0 m/s which is equal to 0. Keywords: Aceh Ship, Computational Fluid Dynamic (CFD), Distribution Pressure, Volume Friction.
Baca Juga : DAMPAK BELANJA APBK SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN PERIKANAN TANGKAP KOTA SABANG (MAHYI SAPUTRA, 2018)