Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Nurul Aflah Rissa, HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LAMBHUK BANDA ACEH TAHUN 2011. Banda Aceh Fakultas Kedokteran,2011

Anak sebagai generasi penerus perlu diperhatikan kehidupannya. kecukupan gizi dan pangan merupakan salah satu fungsi terpenting dalam pengembangan sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas dan diperlukan untuk melaksanakan pembanguan nasional. kecukupan gizi sangat mempengaruhi kecerdasan dan prestasi belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi terhadap prestasi belajar murid di madrasah ibtidaiyah negeri lambhuk banda aceh. desain penelitian bersifat deskriptif korelatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling. uji analisis yang digunakan adalah chi square. hasil analisa data bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar (p=0,0001), ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar ranah kognitif (p=0,00006).ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar ranah psikomotorik (p=0,0003), ada hubungan status gizi dengan prcstasi belajar ranah afektif (p=0,0000007). yang berarti bahwa ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar murid diharapkan bagi pihak sekolah harus tetap memperhatikan status gizi siswa melalui sarana uks dan senantiasa memasukkan informasi-informasi gizi dalam mata pelajaran jasmani dan kesehatan dalam upaya rnempertahankan status gizi siswa. kata kunci : anak, status gizi, prestasi belajar.



Abstract



    SERVICES DESK