Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Asmawati, HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI SD NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2010. Banda Aceh Fakultas Kedokteran,2010

Pola asuh merupakan perilaku orang tua yang paling menonjol atau paling dominan dalam menangani anaknya sehari-hari yang ditujukan untuk mendisiplinkan anak, dalam menanam nilai-nilai hidup, dan dalam mengelola emosi. ada tiga tipe pola asuh orang tua yaitu pols otoriter, demokratis, dan permisif dengan dampak yang tidak sama bagi anak. anak dengan pola asuh tepat dapat menerapkan kebiasaan-kebiasaan tertentu untuk meningkatkan kualitas mental dan moral yang disebut dengan disiplin, namun tidak semua orang tua mengetahui pola asuh yang benar sehingga menjadikan anak tidak disiplin terhadap dirinya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan anak usia sekolah (6-12 tahun) di sd negeri 2 banda aceh, desain penelitian ini deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil dengan cara proporsional sampling berjumlah 73 orang. pengumpulan data dilakukan pada tanggal 8 januari 2010 di sd negeri 2 banda aceh. alat pengumpul data berupa kuisioner dalam bentuk angket yang terdiri atas tiga bagian., yaitu : bagian a merupakan data demografi, bagian b merupakan pemyataan variabel independen dan bagian c merupakan pernyataan untuk variabel dependen, berdasarkan hasil analisa data secara univariat menunjukkan sebagian besar responden memiliki pola asuh demokratis (52,05 %), dan sebagian kecil dengan pola asuh otoriter (21,29 %) serta permisif (26,03 %) dan mayoritas memiliki kedisiplinan (63,01 %). sedangkan hasil analisa bivariat menunjukkan pada anak usia sekolah (6-12 tahun) ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan (x2 hitung 8,633) dan tidak ada hubungan antara pols asuh orang tua otoriter (x2 hitung 3,262) dan pola asuh permisif (x2 hitung 2,697) dengan kedisiplinan, penulis menyarankan agar dinas pendidikan dan kebudayaan mendukung peningkatan disiplin para siswa dan puskesmas melakukan penyuluhan untuk membantu memecahkan masalah disiplin siswa dengan melibatkan guru dan orang tua serta mengevaluasi kegiatan penyuluhannya yang dilakukan di sekolah. kata kunci : pola asuh orang tua, kedisiplinan



Abstract



    SERVICES DESK