Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES
Riska Junaili, PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI LAMBADA RNKLIENG KECAMATAN BAITUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh prog. studi magister administrasi pendidikan,2022

Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada sd negeri lambada klieng kecamatan baitussalam kabupaten aceh besar oleh : riska junaili nim : 1809200050007 komisi pembimbing: 1. prof. dr. murniati, ar, m. pd. 2. dr. khairuddin, m. pd. abstrak supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, di dokumentasi. subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. hasil penelitian menunjukkan: 1) program disusun pada setiap awal tahun pelajaran berdasarkan hasil tindak lanjut pelaksanaan supervisi pada tahun sebelumnya dengan berpedoman pada petunjuk yang diberikan oleh dinas pendidikan. penyusunan program tidak sepenuhnya melibatkan guru dan direncanakan sebanyak dua kali dalam satu semester. 2) pelaksanaan supervisi diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada guru dan melakukan pertemuan pra observasi. kegiatan supervisi dilakukan dengan memberikan bimbingan dan arah tentang penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan rapat, diskusi, pertemuan individu dan observasi kelas. kepala sekolah mencatat seluruh kegiatan observasi kelas pada lembar instrumen yang akan dijadikan sebagai masukan dan pertimbangan untuk pembinaan dalam meningkatkan profesional guru. 3) tindak lanjut dilakukan melalui diskusi antara kepala sekolah dengan guru sebagai pertemuan balikan dari hasil observasi kelas. hasil tindak lanjut diakhiri dengan langkah-langkah kongkrit secara kontekstual sebagai jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran dan sebagai upaya perbaikan pada masa yang akan datang untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. 4) hambatan-hambat yang dihadapi adalah sering bergeser jadwal supervisi, penggunaan metode mengajar masih berpusat pada guru, guru merasa kaku ketika disupervisi dan guru kurang aktif dalam mencari informasi baru tentang pembelajaran. kata kunci: supervisi akademik dan kompetensi prefesional guru



Abstract

IMPLEMENTATION OF ACADEMIC SUPERVISION BY THE PRINCIPAL IN IMPROVING THE PROFESSIONAL COMPETENCE OF TEACHERS AT THE LAMBADA KLIENG ELEMENTARY SCHOOL, BAITUSSALAM SUBDISTRICT, ACEH BESAR REGENCY ABSTRACT (Riska Junaili) Academic supervision is a coaching activity for teachers in carrying out the learning process, which aims to improve the professional competence of teachers and improve the quality of learning. This study aimed to determine the program, implementation, follow-up, and obstacles school principals face in implementing academic supervision to improve teacher professional competence. This study used a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The research subjects were principals, vice principals, teachers, and supervisors. Data were analyzed through data reduction, data display, conclusion drawing, and verification. The results showed that: 1) The program was prepared at the beginning of each school year based on the results of follow-up on the implementation of supervision in the previous year by referring to the instructions given by the Education Office. The preparation of the program did not fully involve teachers and was planned twice in one semester. 2) Implementation of supervision began with outreach activities to teachers and pre-observation meetings. Supervision activities were carried out by providing guidance and direction on the preparation of learning tools, implementation of learning, and evaluation of learning through meetings, discussions, individual meetings, and class observations. The principal recorded all class observation activities on the instrument sheet, which will be used as input and consideration for coaching in improving teacher professionalism. 3) Followup was carried out through discussions between the principal and the teachers as a feedback meeting and the results of class observations. The follow-up results ended with contextual concrete steps as a way out of the problems faced by teachers in the learning process and as improvement efforts in the future to improve the quality of learning. 4) The obstacles faced were the frequent shifting of the supervision schedule, the use of teaching methods that are still teachercentered, the teachers who felt constrained when supervised, and the teachers who were less active in seeking new information about learning. Keywords: Academic Supervision and Teacher Professional Competence



    SERVICES DESK