PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIG…
Salah satu materi yang sulit dalam pelajaran matematika di sekolah menengah adalah Trigonometri. Berdasarkan studi awal ditemukan bahwa siswa banyak mengalami kesulitan, yaitu siswa belum memahami konsep Trigonometri, siswa cenderung menghafal rumus Trigonometri, siswa sulit membedakan antara rumus sinus, cosinus, tangent dengan rumus kebalikannya, dan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal aplikasi Trigonometri. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan pembelajaran remedi…
- Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
- Baca Selengkapnya
PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENERAPAN…
Penelitian ini menganalisa tentang penerapan materi trigonometri di sekolah menengah khususnya mengenai rumus aturan sinus dan rumus aturan cosinus dalam kehidupan sehari-hari. Untuk penerapan rumus aturan sinus diambil contoh kasus pada penentuan jarak duduk ideal saat menonton televisi. Contoh penerapan aturan cosinus diambil kasus menentukan jarak dua buah kapal yaitu kapal ferry yang berlayar ke Sabang dan kapal speedboat yang berlayar ke Pulau Nasi. Untuk memudahkan peserta didik dalam …
PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL STAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK …
ABSTRAK
Kata kunci : trigonometri, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mnemonik, hasil belajar
Banyak siswa mengalami kesulitan pada materi trigonometri disebabkan banyaknya definisi, rumus, dan teorema yang perlu dipahami dan diingat. Maka peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Materi Trigonometri Melalui Model STAD dengan Strategi Mnemonik di Kelas X SMAN 2 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Model STAD adalah model pembela…
PROSES BERPIKIR SISWA SECARA KONSEPTUAL DAN SEKUENSIAL DALAM MENYELESAIKAN SO…
Kata kunci : Proses Berpikir, Proses Berpikir Konseptual, Proses Berpikir sekuensial
Matematika merupakan ilmu yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penalaran, maka diharapkan siswa juga mempunyai kemampuan berpikir yang benar dibidang matematika. Untuk memahami dan menerapkan matematika dalam kehidupan, siswa haruslah menggunakan proses berpikir yang benar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matematika. Seorang guru matematika diharapkan dapat memahami proses berpikir …