Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BEL…

ANNISA AYU SAFITRI

Safitri, Annisa, Ayu. 2022. Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry Berbantuan E-modul Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Asiah M.D., M.P. (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd Kata Kunci: guided inquiry, e-modul , hasil belajar Hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi yang masih di bawah standar Kri…

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK M…

Riska Lisanti

Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena alam, bukan hanya berupa hafalan melainkan lebih menuntut kepada pemahaman, aplikasi dan konsepnya yang secara ilmiah diintegrasikan dalam penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian menghasilkan LKPD yang layak digunakan, mengembangkan LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (R&…

PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MATERI KEBERAGAMAN…

FATHIA DWINA IZZATY.KS

Pada pembelajaran PPKn faktanya kurang diminati oleh peserta didik banyak yang menganggap bahwa PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang hanya menghafal nama, tanggal maupun peristiwa, dan materi yang diajarkan kepada peserta didik dianggap terlalu banyak. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengembangan komik digital pada mata pelajaran PPKn dengan materi keberagaman masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN…

HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP KECAM…

HAULIAN NURI

Dalam pembelajaran di sekolah banyak keluhan dari guru karena kurangnya kepercayaan diri peserta didik sehingga banyak peserta didik yang tidak aktif ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan rasa percaya diri dengan prestasi belajar di SMP Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didi…

BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF PADA PESERTA DIDIK DI …

Aina Yusrida

ABSTRAK Aina Yusrida (2022). Bimbingan klasikal dalam meningkatkan berpikir positif pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Bimbingan klasikal adalah salah satu layanan dasar bimbingan yang dirancang agar konselor dapat melakukan kontak langsung dengan para peserta didik dikelas secara terjadwal, konselor memberikan pelayanan bimbingan ini kepada peserta didik. Sedangkan berpikir positif adalah suatu cara untuk berpikir yang di proses secara positif yang menghasilkan ener…

PENERAPAN MODEL STIM-HOTS DIPADU METODE BRAINSTORMING DAN MEDIA SAC TERHADAP …

Meutia Bijeh Mata

Keterampilan berpikir kritis siswa yang rendah merupakan masalah yang harus dipecahkan. Berpikir kritis juga berkaitan dengan motivasi, karena motivasi peserta didik dipandang sebagai prasyarat yang diperlukan untuk keterampilan berpikir kritis. Melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi peserta didik membutuhkan suatu metode, model, maupun media pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran Stim-HOTs dipadu metode brainstorming dan media …

PENGARUH MEDIA PENDETEKSI DINI BENCANA BANJIR DALAM MATERI MITIGASI BENCANA P…

SITI RAHAYU

Permasalahan yang dihadapi oleh guru geografi saat ini adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pendeteksi dini bencana banjir dalam materi mitigasi bencana terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental design dalam bentuk posttest-only control design. Popula…

EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI…

FATMA AFRILLYA

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas implementasi program Adiwiyata, dan karakter peduli lingkungan. Pengambilan data dilakukan pada bulan oktober sampai dengan November 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei (explanatory survey). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 775 orang dengan responden terdiri atas kepala/wakil kepala sekolah, koordinator Adiwiyata, tenaga pendidik, tenaga administrasi, dan peserta didik. kemudian sampel peserta didik diambil…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP MOTIVASI PESER…

YUNITA SUSANNA

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran tuntas terhadap motivasi, hasil belajar, dan retensi peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia. Pengambilan data dilakukan pada bulan Desember 2017. Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Sampel penelitian berjumlah 80 peserta didik. Instrumen penelitian berupa angket motivasi untuk melihat motivasi belajar, hasil belajar untuk melihat pengu…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PR…

Aprilia Rizqina Nuramalina

Keterampilan berpikir kreatif peserta didik secara umum masih rendah pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Oleh karena itu, diperlukan model project-based learning yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif sehingga meningkat pula motivasi peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Prakarya d…




    SERVICES DESK