Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KECEMASAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS XI MAN 2 ACEH BESAR

Ria Safitri

Kecemasan yang dirasakan oleh siswa merupakan salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Siswa yang mengalami kecemasan yang masih tergolong rendah maka dapat berdampak konstruktif dan memotivasi siswa dalam mempelajari matematika, tetapi kecemasan yang tinggi cenderung membuat siswa tidak menyukai matematika dan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Salah satu hasil belajar yang diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini ya…

IMPLEMENTASI MODEL PHYSICS INDEPENDENT LEARNING (PIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMA…

Tiara Mustika Wardani

Menghadapi tuntutan pembelajaran sains pada abad ke-21 yang memerlukan sumber daya manusia dengan kompetensi peserta didik yang dapat bekerjasama secara kolaboratif, berfikir kreatif, inovatif, bertanggungjawab, mampu belajar secara mandiri serta mampu memecahkan masalah dengan baik. Namun faktanya, kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah setelah d…

PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH TERHADAP PENI…

Oka Melawati

Keterampilan pemecahan masalah merupakan kebutuhan peserta didik di abad 21 ini sehingga perlu untuk dimiliki. Kurikulum 2013 yang diberlakukan oleh pemerintah salah satunya memfokuskan peserta didik pada keterampilan pemecahan masalah. Namun kenyataannya, keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 1Woyla masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi pengaruh penggunaan LKPD berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan pemecahan ma…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI…

Rika Aulia Nanda

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa pada masa transisi akibat pandemi masih rendah. Strategi yang diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yaitu melalui model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom, serta untuk mengetahui interaksi antara…

IMPLEMENTASI MODEL PBL DIPADU LKPD BERBASIS E-STEM TERHADAP KETERAMPILAN PEME…

Cut Putri Amalya

Cut Putri Amalya: Implementasi Model PBL Berbasis LKPD E-STEM Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Self Efficacy dan Hasil Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAN Banda Aceh Pembimbing I. Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed Pembimbing II. Dr. Safrida, S.Pd., M.Si, ABSTRAK Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu keterampilan yang penting di abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan masalah antara penggunaan model PBL dip…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENG…

MIFTAHUL JANNAH

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Salah satu faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu kurangnya pengalaman langsung dalam memanipulasi ide-ide matematis untuk mengembangkan kompetensi matematiknya sehingga siswa lemah dalam penguasaan konsep dan prinsip dasar. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang dipadukan dengan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Upaya tersebut s…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM …

Lizza Safira

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang muncul dalam kehidupan setiap manusia beragam dari berbagai bidang. Setiap permasalahan memerlukan strategi tersendiri untuk menemukan solusinya. Kemampuan pemecahan masalah dapat dipelajari melalui suatu proses pembelajaran. Satu diantara proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mend…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS DARING…

Maulinda

Abstrak. Penyebaran COVID-19 diseluruh dunia menyebabkan diterapkannya pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Padahal pembelajaran daring memiliki perbedaan karateristik dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran khusus yang dapat diimplementasikan untuk pembelajaran daring. Penelitian ini sebagai upaya menyediakan contoh perangkat yang dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika secara daring terutama …

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PEND…

RAHMAT

ABSTRAK Rahmat (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar Kemampuan pemecahan masalah siswa belum sesuai yang diharapkan. Permasalahan tersebut salah satunya sebabkan karena strategi guru kurang tepat. Guru perlu menerapkan strategi melalui pendekatan pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu pendekatan matematika realistik (PMR). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah …

KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR DI KELAS XI MAN MODEL BANDA A…

Mauliani

ABSTRAK Mauliani. 2017. Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Aljabar di Kelas XI MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Budiman, M.Si., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan, masalah, pemecahan masalah, aljabar Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika yang harus dikuasai da…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK