Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T…

Rahma Tini

ABSTRAK Pembelajaran aktif yang dibentuk dengan mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya dan bekerjasama dalam kelompok merupakan ciri strategi model kooperatif tipe CORE. Model ini dapat diaplikasikan ke pembelajaran matematika terutama pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi garis singgung lingkaran melalui penerapan model kooperatif tipe CORE di kelas XIII SMPN 1 B…

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJAR…

ZARINA

Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan yang esensial secara matematis dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk mengembangkan dan menguasai matematika dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi barisan dan deret geometri siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 siswa yang mewakili kemampuan berpikir kreatif kategori kr…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGINTEGRASIKAN KONTEK…

Ulvi Hayati

ABSTRAK Ulvi Hayati (2019), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Mengintegrasikan Konteks Lokal melalui Model Problem Based Learning (PBL). Salah satu cara untuk melestarikan budaya daerah adalah melalui pendidikan formal yaitu dengan memuat konteks-konteks lokal dalam pembelajaran matematika. PBL adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks. Dengan demikian dikembangkanlah sebuah perangkat pembelajaran matematika dengan meng…

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN RUA…

Nura Safrina

Kata kunci: Pem belajaran Multimedia Interaktif dan Bangun Ruang Judul dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Siswa sering kali mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika dan umumnya pelajaran ini juga kurang menarik bagi siswa sehingga hasil belajarnya rendah. Dalam matematika salah satu materi pokok yang diajarkan adalah bangun ruang, yang k…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM …

Lizza Safira

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang muncul dalam kehidupan setiap manusia beragam dari berbagai bidang. Setiap permasalahan memerlukan strategi tersendiri untuk menemukan solusinya. Kemampuan pemecahan masalah dapat dipelajari melalui suatu proses pembelajaran. Satu diantara proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mend…

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR …

NURI MAGHFIRAH

Pemahaman peserta didik terhadap materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi FPB. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pada materi FPB di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar da…

STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI …

Syifa Nisrina

ABSTRAK Nisrina, Syifa. 2021. Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas Tinggi SD Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M. Pd., (2) Drs. Fauzi, M. Pd. Kata kunci: strategi guru, motivasi belajar, matematika Belajar adalah proses perubahan tingkah laku guna mengembangkan potensi-potensi pada diri seseorang melalui lembaga for…

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN P…

Marniar Ningsih

Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran CORE (Connecting Organizing, Reflecting, Ekstending). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pe…

MINAT SISWA SMA NEGERI 1 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK

RISKI JUANDA PUTRA

ABSTRAK Juanda Putra, Riski. 2019. Minat Siswa SMA Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya Terhadap Mata Pelajaran PJOK. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Razali, M.Pd., (2) Dr. Syamsulrizal, M.Kes. Kata Kunci: Minat Siswa, Pelajaran PJOK, SMA Negeri 1 Jaya. Belajar dengan cara bermain olahraga ini tentu sangat disukai oleh sebagian besar siswa di SMA Negeri 1 Jaya, hal ini dibuktik…

PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA…

MAULANA SAPUTRA

Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran dan dimanfaatkan juga sebagai sumber belajar. Sumber belajar yang sering digunakan adalah buku pelajaran. Namun buku pelajaran dinilai kurang praktis dan membosankan sehingga perlu adanya inovasi yang mengikuti kemajuan teknologi. Kehadiran teknologi yang berupa telepon pintar sangat menarik perhatian siswa dan membuat siswa betah berlama-lama menggunakannya. Mereka tidak hanya menggunakannya untu…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK