Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA …

Eva Putriani

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran peserta didik secara pasif menunggu materi yang akan disampaikan oleh guru. Kepasifan peserta didik tersebut menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment…

IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKA…

NURHIDAYATI MAULINA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Metode penelitian ini menggunakan desain Pre Eksperimen Design dengan jenis one group pretest-posttest design. Subjek adalah siswa kelas XI –IPA 1 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif (pretest dan posttest), lembar pengamatan berpiki…

PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAI…

Nurul Husna

Keterampilan proses sains adalah keterampilan ilmiah yang terarah yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya. Keterampilan proses sains adalah salah satu dimensi yang penting dalam literasi sains. Kenyataannya, dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Peukan Baro didapatkan kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan …

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA TE…

Lizar Fitri

Pembelajaran fisika guru menggunakan metode/model yang bervariasi dan pada akhir bab guru melakukan evaluasi dengan menggunakan metode konvensional, Namun pelaksanaan ujian tidak terawasi dengan baik, maka terbuka peluang siswa saling berbagi (kecurangan). Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan Aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran yang ditinjau dari kemampuan kognitif peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, Jenis penelitian ini adalah eksperime…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL MODIFIED FREERNINQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOGNIT…

Reskina Ramadhani

Ramadhani, Reskina. 2022. Efektivitas Penggunaan Model Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Farhan, M.Si., (2) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed. Penelitian ini berusaha untuk mengkaji masalah apakah model Modified Free Inquiry efektif terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Fisika.. Hipotesis yang diajukan a…

ANALISIS PROSES HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA SMA

Jilfa Yusri Yanti

Yanti, Jilfa Yusri. 2022. Analisis Proses Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dra. Elisa, M.Si. Seiring perkembangan kondisi, proses pembelajaran sudah dilakukan secara tatap muka, maka diperlukan proses pembelajaran yang sesuai dengan keadaan. Diperlukannya proses hybrid learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan …

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SI…

BELLA ATTAQY

ABSTRAK Attaqy, Bella. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Evendi, M.Pd , (2) Dra. Elisa, M.Si Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi sains siswa di MAN 3 Banda Aceh masih relatif rendah, tujuannya ialah untuk menganalisis bagaimana pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhada…

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL DI SMA NEGE…

Siti Maghfirah

ABSTRAK Maghfirah, Siti. 2022. Implementasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual Di SMA Negeri 1 Seulimeum Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Susanna, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd Kemajuan teknologi dapat memperbaiki cara mengajar guru salah satunya dengan adanya laboratorium virtual. Laboratorium virtual di SMAN 1 Seulimeum belum dilaksanakan sehingga hasil belajar masih rendah. Peneli…

IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBE…

Fariatul Murtavia

ABSTRAK Murtavia, Fariatul. 2021. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed., (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap LKPD berbasis Blended Learning. Penelitia…

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARA…

Putri Kapli

ABSTRAK Kapli, Putri. 2021. Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Blended Learning Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Kutacane. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dra. Nurulwati, M.Pd., (2) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Blended Learning, Motivasi Belajar Pembelajaran fisika merupakan suatu proses pembelajaran yang meliba…




    SERVICES DESK