Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK SMP MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK …

Dewi Agustiani

Dewi Agustiani (2018). Pemahaman Konsep dan Motivasi Peserta Didik SMP Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika Pemahaman konsep barisan dan deret bilangan peserta didik masih bermasalah padahal pemahaman konsep merupakan bagian paling penting dalam pembelajaran matematika. Hal ini memerlukan upaya untuk menumbuhkan pemahaman konsep dalam pembelajaran dengan melibatkan peserta didik aktif dan kreatif dalam pembelajaran matematika. Salah satu…

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MAHASISW…

Nuril Husna

Kemampuan pemahaman konsep merupakan dasar dari kemampuan lainnya termaksud kemampuan komunikasi. Namun kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi mahasiswa Universitas Samudra belum dapat terukur secara jelas untuk dapat ditarik kesimpulan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika Universitas Samudra. (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Samudra (3) Untuk mengetahui …

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN…

Fathiya Rizqina

Dalam pembelajaran Fisika, pemahaman konsep dan keterampilan proses sains harus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran serta meningkatkan kualitas peserta didik yang dapat dilakukan melalui kegiatan eksperimen. Untuk mengembangkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains bagi peserta didik di SMAN tersebut membutuhkan pengembangan model- model pembelajaran yang relevan, di antaranya model discovery learning berbasis PhET. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pener…

HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DASAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATE…

HERAWATI MAR

Abstrak Selama perkuliahan banyak mahasiswa yang mendapat kesulitan mempelajari mata kuliah Matematika Fisika I yang berkaitan dengan konsep-konsep Fisika Dasar I dan Fisika Dasar II. Ada mahasiswa memperoleh nilai Fisika Dasar I dan Fisika Dasar II-nya tinggi tetapi nilai mata kuliah Matematika Fisika I-nya rendah, begitu juga sebaliknya. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan kemampuan pemahaman konsep Fisika Dasar dengan Matematika Fisika I mahasiswa pendidikan…

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARI…

Darmulia Wati

Kemampuan pemahaman konsep siswa di MTsN 4 Banda Aceh pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih rendah. Salah satu solusi yang dianggap sesuai adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL menghadapkan siswa dengan masalah kemudian siswa berusaha menyajikan dan mencari sendiri penyelesaiannya, sehingga siswa akan terbiasa menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

HUBUNGAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PEMAHA…

Mahrizkiniate

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan merancang media pembelajaran dengan pemahaman konsep fisika pada salah satu materi dalam fluida statis yaitu hukum Pascal pada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kolerasi sejajar dengan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan fisika kelas regular B semester 8 yang telah mengambil mata kuliah laboratorium fisika 2 se…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOST…

Ida Sofia

ABSTRAK Sofia, Ida. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si., (2) Dr. Mirza Desfandi M.Soc. Sc Kata kunci: pemahaman konsep, three-tier multiple choice, diagnostic test Keberhasilan siswa dalam memahami suatu materi dapat dilihat dari seberapa besa…

  • PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, …

Putri Nurfajar

ABSTRAK Putri Nurfajar (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Proses belajar matematika haruslah disertai dengan pemahaman. Salah satu konsep matematika yang memerlukan pemahaman matematika yaitu konsep integral tak tentu. Integral tak tentu merupakan bagian dari konsep integral yang dianggap sulit oleh siswa. Pemahaman konsep matematika merupakan dasar untuk belajar matemati…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARN…

Chairul Fuadi

Chairul Fuadi, 2014. Perbedaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di MTsN I Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Pembimbing I Dr. Abdullah, M.Si,. Pembimbing II Dr. Evi Apriana, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model Pro…

IDENTIFIKASI HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK DENGAN TINGKAT INTE…

Nuzulia

Kata kunci : pemahaman konseptual, pemahaman algoritmik, IQ, termokimia Penelitian tentang hubungan pemahaman konseptual dan algoritmik dengan tingkat Intelligent Quotient (IQ) bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pemahaman konseptual dan algoritmik dengan tingkat IQ siswa kelas XI SMAN 4 Banda Aceh pada Materi Termokimia Tahun Ajaran 2014/2015 dan mengetahui persentase siswa yang memiliki pemahaman algoritmik dan konseptual di kelas XI. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan tekn…




    SERVICES DESK