Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNIV…

Julaiha

Penelitian ini terkait peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK FKI Universitas Syiah Kuala. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 guru. Lokasi penelitian di T…

PENERAPAN MEDIA POP UP CARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA…

MUZAL WIDA DEROSMA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pop up card, motivasi belajar dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang terdiri dari 56 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purpose sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpula…

PENGARUH APLIKASI KAHOOT! TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR P…

CUT ROSI DYANTI

ABSTRAK Kahoot! merupakan aplikasi media pembelajaran bersama di kelas dengan bantuan koneksi internet yang bersifat sederhana namun bisa menyenangkan bagi peserta didik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi kahoot!terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dilaksanakan dengan nonequivalent c…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI…

Rika Aulia Nanda

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa pada masa transisi akibat pandemi masih rendah. Strategi yang diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yaitu melalui model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom, serta untuk mengetahui interaksi antara…

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MAHASISWA PROG…

FARAH MUNIRAH

Bahaya penyebaran Covid-19 mengharuskan mahasiswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara online yang membutuhkan pendampingan keluarga. Peran keluarga pada masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar daring pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis peneliti…

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAPRNMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS …

Imelda Setya Fitri

ABSTRAK Fitri, Imelda Setya. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kecamatan Rundeng.”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zulfan, M.Hum (2) Dara Rosita, S.T., S.Pd.,M.Ed Kata Kunci: Media pembelajaran diorama, motivasi belajar Penelitian dengan judul Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Motivasi Belaj…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM MENING…

ASYKARUDDIN

ABSTRAK Asykaruddin, 2021. Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1). Dr. Saiful, S.Pd.,M.Si (2). Hasbi Ali, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Penerapan model VCT (Value Clarification Technique) dan Motivasi Belajar siswa. Penelitian ini b…

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHA…

M. AGUNG APRILIADI

Prokrastinasi akademik merupakan permasalahan umum yang dihadapi oleh mahasiswa. Perilaku menunda-nunda untuk memulai dan menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dialami oleh mahasiswa karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik adalah motivasi belajar dan efikasi diri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ialah …

PENGGUNAAN MEDIA MAJALAH WAKTU PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKA…

AYU NOVIANA

ABSTRAK Noviana, Ayu. 2022. “Penggunaan Media Majalah Waktu pada Mata Pelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baitussalam”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1)Nurasiah, S.Pd., M.Pd (2)Muhjam Kamza, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Majalah Waktu Penelitian ini memiliki permasalahan terhadap kurangnya motivasi belajar sejarah siswa. Tujuan …

EFEKTIVITAS METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) BERBANTUAN MEDIA POS…

MAULIDA

ABSTRAK Maulida. 2022. “Efektivitas Metode Learning Starts With A Question Berbantuan Media Poster Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS-1 MAN 4 Aceh Besar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zulfan, M. Hum (2) Sufandi Iswanto, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Learning Starts With A Question, Media Poster Judul ini diteliti karena masalah kurangnya motivasi …




    SERVICES DESK