Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWORNSTRAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTU…

NURUL ALAINA

ABSTRAK Alaina, Nurul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS 1 MAN 6 Aceh Besar. Model pembelajaran Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran Kooperatif yang menekankan peserta didik untuk belajar mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajar,dan bisa menyampaikan informasi kepada peserta didik lainnya. Media Gambar merupakan suatu media visu…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVAS…

Khairatul Jannah

ABSTRAK Jannah, Khairatul. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd (2) Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, talking chips Talking chips (kancing gemerincing) adalah salah satu model pemb…

PENGGUNAAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPK…

VINA VEBRIA ALMIRA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model-model yang diterapkan oleh pendidik, mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PPKN, menemukan kendala dalam menerapkan model-model pembelajaran di SMP Negeri 1 Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru PPKn. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubberman. Hasilnya menunjukkan: (1) Model-model …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UN…

Zahratun Nafis

Model pembelajaran Problem Solving merupakan cara memberikan pengertian dengan menstimulasi anak didik untuk memperhatikan, menelaah, dan berfikir tentang suatu masalah untuk selanjutnya menganalisis masalah tersebut sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Media Audio Visual adalah Media yang memiliki unsur suara dan gambar yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaian pesan-pesan dari bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Pe…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBA…

Nadia Kinsi

ABSTRAK Nadia Kinsi (2022). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 14 Banda Aceh Penelitian ini menganggkat masalah rendahnya hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran AIR berbantuan media dart board. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantita…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING ROMPTING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UN…

Fazratul Ulfa Fazri

ABSTRAK Ulfa Fazri, Fazratul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTsN 3 Lhoknga Aceh Besar. Model pembelajaran Probing Prompting merupakan pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali, sehingga menjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang …

STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA SECARA LURING DAN DARING DI SMAN/MAN SE…

SYAHRUL ROMDHONI

Penelitian yang berjudul “Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Secara Luring Dan Daring di SMAN/MAN Se-Kota Banda Aceh” ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak perbedaan hasil belajar fisika secara luring dan daring. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode komparasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN/MAN Banda Aceh, sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Banda Aceh, SMAN 12 Banda Aceh, MAN 2 Banda Aceh dan M…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO P…

YOLANDA AGNESSIA

ABSTRAK Agnessia, Yolanda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Kartu Domino Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Meulaboh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Nurasiah, S.Pd., M.Pd (2) Sufandi Iswanto, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Minat Belajar, Model pembelajaran Concept sentence, Media Kartu Domino Penelitian ini berjudul penerapan model pem…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA QUIZI…

TIHAYA ANISA

Salah satu upaya mengatasi masalah kurangnya minat belajar siswa adalah dengan menerapkan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamaina penerapan dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay (CRH) berbantuan media pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IIS 1 MAN Aceh Barat Daya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 1 yang berjumlah 40 orang sis…

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMRNACHIEVEMENT DIVISION (STA…

NURUL MAWADDAH

Nurul Mawaddah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem eksresi di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Pembimbing I Dr. Muhibbuddin, M.S., Pembimbing II Dr. Khairil, M.Si. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Problem Based Le…




    SERVICES DESK