Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK…

Fani Khairi Vanti

ABSTRAK Vanti, Fani Khairi. 2022. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Atlas Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Daska Azis S.Pd,. M.A (2) Ruliani S.Pd,. M.Pd Kata Kunci: Perbandingan, Hasil Belajar, Geografi, Talking Stick, Pr…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA F…

SITI RAHMI ZUHRA

Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe listening team berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Meureudu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe listening team berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar sejarah siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Meureudu. Penelitian ini me…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM MENING…

ASYKARUDDIN

ABSTRAK Asykaruddin, 2021. Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1). Dr. Saiful, S.Pd.,M.Si (2). Hasbi Ali, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Penerapan model VCT (Value Clarification Technique) dan Motivasi Belajar siswa. Penelitian ini b…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENIN…

MOH AFFIFUZZIN

Affifuzzin, Moh. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Ekologi di SMAN 1 Mutiara Kabupaten Pidie. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. (2) Dr. Wiwit Artika, S.Si., M.Ed. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Ekologi Peningkatan keterampilan berpikir kritis pe…

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MATERI MENELAAH STRUKTUR CERITA…

Selly Mayunita

Penelitian telah menemukan masalah tentang (1)apa saja model-model pembelajaran yang akan diajarkan untuk materi menelaah struktur cerita pendek dan (2)model pembelajaran apa yang akan dipilih untuk mengajarkan materi menelaah struktur cerita pendek. Tujuan dari penelitian untuk (1)menjelaskan model-model pembelajaran yang akan diajarkan untuk materi menelaah struktur cerita pendek dan (2)mengetahui tentang model pembelajaran apa yang akan dipilih untuk mengajar materi menelaah struktur cerit…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY PADA MATA PELAJARAN SEJ…

FATIMAH SARA FADILLA

ABSTRAK Fatimah Sara Fadilla. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Abulyatama”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mawardi, M.Hum, MA (2) Muhammad Haikal, S.Pd,M.Pd, Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tea Party, keaktifan belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGK…

RISKA JUMARA

Model pembelajaran Treffingger merupakan salah satu model pemecah masalah dalam pembelajaran secara kreatif, kemampuan berfikir kreatif merupakan suatu cara berfikir yang dapat membantu memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi. Berfikir kreatif juga berarti mampu berfikir secara luas agar menghasilkan solusi dalam memecahkan suatu masalah, sedangkan guru berperan sebagai pembimbing peserta didik. Media gambar adalah media visual berupa media grafis. Penyampaian pesan dari media grafis adal…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP …

Ayu Rapika Sari

Penelitian ini membahas tentang lemahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Solving Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampelnya adalah kelas X IPS 1 dan 2 yang terdiri dari 7…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MEDIA ANIMASI UNTU…

Salfina

Keterampilan proses sains berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar juga berdampak terhadap motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu media animasi dapat meningkatkan keterampilan proses sains, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDI…

Rahmayani

ABSTRAK Rahmayani. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantu Media Infografis Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMAN 3 Takengon”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Husaini, MA. (2) Muhjam Kamza, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Media Infografis, Motivasi Belajar. Penelitian ini membaha…




    SERVICES DESK