Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATK…

Cut Yenni Mastura

ABSTRAK Cut Yenni Mastura (2022). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-6 di SMP Negeri 17 Banda Aceh Kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis adalah hal yang sangat penting untuk dikembangkan karena dengan siswa memiliki kemampuan tersebut maka siswa akan lebih mudah ketika menghadapi suatu masalah dan cara menyelesaikan masalah terutama dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian in…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DEN…

JULIA MESNA

Mesna, Julia. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Berbantuan Media Kotak Misteri pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA P…

Hadawiyah Husni

ABSTRAK Husni, Hadawiyah. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Media Papan Buletin Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siwa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta Baro” Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Falkutas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zulfan, M. Hum (2) T. Bahagia Kesuma, S.Pd., M.Pd Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kurangnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah un…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA …

Eva Putriani

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran peserta didik secara pasif menunggu materi yang akan disampaikan oleh guru. Kepasifan peserta didik tersebut menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENIN…

AINAN WARDIYAH

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya masih belum optimal sehingga diperlukan model dan strategi pembelajaran yag dapat mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CTL terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dengan membandingkan hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran…

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODE…

Sulis Kurniawati

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan mempresentasikan ide matematika melalui notasi, simbol, atau gambar. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Sedangkan pada kenyataannya, keterampilan peserta didik dalam menyampaikan ide matematika belum memenuhi harapan. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah pembelajaran yang diterapkan guru masih terbatas, sehingga peserta didik sulit untuk mengkomunikasikan gagasannya. Salah satu alternatif yang dapat…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BER…

Putri Rahmadani Desky

ABSTRAK Desky Rahmadani,.2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ludo Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Darussalam Aceh Besar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ludo Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MEMBENTUK KARAKTER KER…

ROZATINUR

ABSTRAK Rozatinur. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Membentuk Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini berjudul: “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Membentuk Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Pene…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANIZING THE CLA…

Resi Maulizar

Abstrak Di sekolah masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran adalah kelas kurang kondusif dikarenakan siswa jenuh dengan suasana dalam kelas dimana dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan metode Humanizing The Classroom dengan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Lhoksukon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperi…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWORNSTRAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTU…

NURUL ALAINA

ABSTRAK Alaina, Nurul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IPS 1 MAN 6 Aceh Besar. Model pembelajaran Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran Kooperatif yang menekankan peserta didik untuk belajar mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajar,dan bisa menyampaikan informasi kepada peserta didik lainnya. Media Gambar merupakan suatu media visu…




    SERVICES DESK