Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED DENGAN KONTEKS BUDAYA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BE…

Rika Zahra

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa penting untuk dimiliki oleh siswa. Salah satu yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan pemberian soal open ended. Namun, soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih terbatas ketersediaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang valid, praktis dan efektif.…

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BAS…

Endang Astuty

Kemampuan pemahaman matematis penting dimiliki oleh siswa SMA. Namun kenyataan yang terjadi di SMAN 6 Banda Aceh, pemahaman matematis siswa masih belum mencapai ketuntasan sehingga mempengaruhi nilai akhir mata pelajaran matematika. Penyebab masalah tesebut dikarenakan pembelajaran berpusat kepada guru yang menjadikan pembelajaran tidak bermakna. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu model pembe…

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR

FUJIA MIRANDA

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika, dan kata-kata sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan representasi sangat penting dalam mempelajari matematika sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar. Adapun pendekatan yan…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENG…

MIFTAHUL JANNAH

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Salah satu faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu kurangnya pengalaman langsung dalam memanipulasi ide-ide matematis untuk mengembangkan kompetensi matematiknya sehingga siswa lemah dalam penguasaan konsep dan prinsip dasar. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang dipadukan dengan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Upaya tersebut s…

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN P…

Marniar Ningsih

Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran CORE (Connecting Organizing, Reflecting, Ekstending). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pe…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS DARING…

Maulinda

Abstrak. Penyebaran COVID-19 diseluruh dunia menyebabkan diterapkannya pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Padahal pembelajaran daring memiliki perbedaan karateristik dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran khusus yang dapat diimplementasikan untuk pembelajaran daring. Penelitian ini sebagai upaya menyediakan contoh perangkat yang dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika secara daring terutama …

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMAN …

NISYA FAJRI

ABSTRAK Nisya Fajri (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning di SMAN Unggul Harapan Persada Aceh Barat Daya Penalaran merupakan fondasi dalam menguasai matematika dan sebagai salah satu kompetensi matematika yang harus dimiliki oleh siswa, sedangkan model Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang harus diterapkan di sekolah sesuai pembelajaran kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matem…

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TI…

TIARA

Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia berada di bawah nilai standar. Hal ini berdasarkan hasil survei PISA yang menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 64 dari total 65 negara. Pentingnya siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika dengan maksimal. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk mengembangkan kemampuan ini di sekolah. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tuj…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING …

IKA ZUHRATUL KHAIRI

ABSTRAK Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami, menjelaskan, dan mengaplikasikan konsep matematika secara akurat dan efisien dalam memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan pada diri seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan berbagai proses. Kenyataannya siswa belum terlatih dengan baik dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu model Disc…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI MTSN MODEL …

Nurhidayah

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI MTsN MODEL BANDA ACEH Kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah di Indonesia masih rendah. Siswa mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan. Hal ini disebabkan siswa belum mampu membuat bentuk baru dari suatu permasalahan, seperti memodelkan dan menafsirkannya. Pembelajaran melalui ELPSA diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan representasi matematis siswa. Pembelajaran tersebut memuat lima komponen, yaitu pen…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK