Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI…

Rika Aulia Nanda

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa pada masa transisi akibat pandemi masih rendah. Strategi yang diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yaitu melalui model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom, serta untuk mengetahui interaksi antara…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENG…

MIFTAHUL JANNAH

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Salah satu faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu kurangnya pengalaman langsung dalam memanipulasi ide-ide matematis untuk mengembangkan kompetensi matematiknya sehingga siswa lemah dalam penguasaan konsep dan prinsip dasar. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang dipadukan dengan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Upaya tersebut s…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS DARING…

Maulinda

Abstrak. Penyebaran COVID-19 diseluruh dunia menyebabkan diterapkannya pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Padahal pembelajaran daring memiliki perbedaan karateristik dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran khusus yang dapat diimplementasikan untuk pembelajaran daring. Penelitian ini sebagai upaya menyediakan contoh perangkat yang dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika secara daring terutama …

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REA…

CUT NADIA

ABSTRAK Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah matematika yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang diduga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis adalah Pendekatan Matematika Realis…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MOD…

ANDRIANI

ABSTRAK ANDRIANI. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self- Efficacy Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun kenyataann yang terjadi banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah untuk menyelesaikan soal matematika. Selain kemampuan matematis terdapat aspek self-efficacy siswa yang juga berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa, karen…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELA…

HILDA RESTINA

ABSTRAK Hilda Restina. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Siswa dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah dan kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Siswa kurang dilatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Siswa masih kurang terampil dalam menyelesaikan soal yang dapat menggali kemampuan pemecahan masalah siswa dan kreativitas siswa, sehingga siswa kurang minat dal…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELA…

Subarianto

ABSTRAK Judul Penelitian : Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Rendahnya kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan perlunya upaya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan penerapan pendekatan problem posing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi dan kem…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA …

Ainuna Fasha

Ainuna Fasha (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan dua aspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini a…

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBE…

Muhsin

Muhsin (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTsN masih rendah, hal ini merupakan salah satu masalah utama dalam pendidikan matematika. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kema…

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MOD…

Cut Yuniza Eviyanti

ABSTRAK Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang, Gain Ternormalisasi Salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam Kurikulum 2013 adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Salah satu strategi yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah model pe…


    SERVICES DESK