Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM DI FAKULTAS KEPERAWA…

Eriga Mulyani

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 21 Maret 2022 XV + VI BAB + 53 Halaman + 9 Tabel + 1 Skema + 15 Lampiran ERIGA MULYANI 1812101010001 GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH ABSTRAK Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melakukan perubahan kurikulum berdasarkan kebijakan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional …

PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MASA PANDEM…

NANDA FUNNA

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi guru, memahami hambatan yang didapatkan oleh guru, serta mengetahui berbagai usaha yang dilakukan guru dalam upaya untuk meningkatkan keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 pada pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Banda Aceh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancaran, data yang telah …

SURVEI PENGUKURAN DAN EVALUASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TINGKAT…

Rini Safrina

Pendidikan merupakan pilar penting bagi pembangunan bangsa. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat menghasilkan SDM berkualitas. Salah satu pembelajaran yang baik dimulai sejak dini yaitu dari pendidikan sekolah dasar. Pelaksanaan pendidikan dasar di Indonesia saat ini menggunakan satu kurikulum yang seragam yaitu Kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam Kurikulum 2013 yaitu mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA termasuk kategori nilai kedua terendah setelah m…

TANGGAPAN GURU BIDANG STUDI EKONOMI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOM…

Taufiq Yati

Guru sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan pendidikan merupakan objek utama dari skenario perubahan kurikulum 1994 ke kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Kurirkulum 2004 merupakan desain atau pola kurikulum yang menekankan pada sejumlah kemampuan khusus (Specifik Competencies). Berbeda dengan kurikulum lainnya, desain KBK memiliki hubungan langsung dengan tujuan, aktifitas belajar, dan pelaksanaannya (Perfomance). Namu…

ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI ARITMATIKA SOSIAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP…

Mulia Nidar

Implementasi buku teks matematika siswa pada Kurikulum 2013 telah direvisi hampir di setiap tahun. Buku teks memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Buku teks matematika digunakan sebagai bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi, saat ini belum tersedianya informasi yang memadai tentang komposisi soal pada buku teks siswa berdasarkan taksonomi Bloom revisi salah satunya yaitu soal uji kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingka…

PERENCANAAN DAN PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM MATA PEL…

Juanda

Guru sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan pendidikan merupakan objek utama dalam skenario perubahan kurikulum 1994 ke kurikulum 2004 (KBK). Kurikulum 2004 merupakan desain atau pola pikir yang menekankan pada sejumlah kemampuan khusus (specific competencies) berbeda dengan kurikulum lainnya, desain KBK memiliki hubungan langsung dengan tujuan, aktifitas belajar dan pelaksanaannya. Namun kenyataan sekarang ini masih banyak guru-guru yang…

PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDIKAN BIDANG STUDI GEOGRAFI…

Maulidarni

Kata Kunci: pelaksanaan, kurikulum, kurikulum tingkat satuan pendidikan, geografi Penelitian ini dilatarbelakangi karena KTSP merupakan suatu kurikulum yang menjadi pegangan dan capaian, demikian halnya untuk pembelajaran geografi yang barus meoerapkan pembelajaran yang sesuai deogan KTSP. Mengingat KTSP merupakan peralihan dari KBK, sangat memungkinkan babwa masih ada guru dan sekolah yang belum melaksanakan KTSP. P…

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SBDP MELALUI KARYA MAKRAME PADA …

RICHA TIARMA

Dalam kurikulum 2013 Seni Rupa dan Prakarya (SBdP) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar yang mempelajari tentang budaya dan berkarya di dalam seni. Salah satu ilmu prakarya yang diajarkan di Sekolah Dasar yaitu karya makrame. Namun banyak guru di Sekolah Dasar tidak menerapkan materi tersebut, dikarenakan sulit dan kurangnya ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran SBdP melalui karya makrame pada peserta d…

PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PELAJARAN SENI BUDAY…

Nur Husna

Kata kunci, Kurikulum, Kesenian, Kendala, Penerapan, Judul skripsi ini "Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pelajaran Seni Budaya SMA Negeri 4 Kota Banda Aceh, dengan rumusan masalahnya : ( I ).Bagaimana pelaksanaan KTSP mata pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 4 Kota Banda Aceh ?. (2).Kendala-kendala apa saja yang di hadapi guru dalam penerapan KTSP mata pelajaran Seni Budaya di SMA 4 Kota Banda Aceh ? Tujuan penelitian ini untu…

HAMBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2004 DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NE…

Mehry

Guru sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan pendidikan merupakan objek utama dari skenario perubahan kurikulum 1994 ke kurikulum 2004 atau lebih dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KBK merupakan desain atau pola kurikulum yang mengedepankan pada sejumlah kemampuan khusus (Specific Compatencies). Berbeda dengan kurikulum lainnya, desain KBK memiliki hubungan langsung dengan tujuan, aktifitas belajar dan pelaksanaannya (Performance). Namun kenyataanny…




    SERVICES DESK