Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA)TERHADAP PELAYAN…

Juliana

Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari standar suatu unit pelayanan kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kesebatan. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang semakin berkurang terhadap suatu unit pelayanan kesehatan. Ada lima dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu: kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiviness), Jaminan (assurance), ketampakan fisik (tangibles), dan empati (empathy). T…

GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA ASURANSI JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA) DI RU…

Afrizal faisal

Kepuasan adalah tingkat perasaan yang dirasakan pasien setelah membandingkan antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan. Ada lima dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness). jaminan (assurance) dan empati (empathy)., Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien pengguna asuransi jaminan kesehatan Aceh (JKA) terhadap pelayanan kesehatan di ruang…

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PROSES KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM MENER…

Feri Yanti

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik proses keperawaian dengan kepuasan pasien di BPK RSUZA Banda Aceh. Desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel 33 orang pasien dan 33 orang perawat. Analisa data menggunakan Chi-quare dengan Yale's Correction for Continuity dengan a = 0,05, Hasil penelitian dari 33 responden merasa puas dalam menerima asuhan keperawatan 57,6%, tidak puas 42,4%, dan hasi…

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI R…

Roni Novrian

Motivasi kerja adalah suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja . Motivasi kerja itu sendiri mempengaruhi perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan sehingga tercapainya kepuasan pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan motivasi kerja perawat pelaksaoa dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat …

GAMBARAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUM…

Juang Hidayat

Dalam keperawatan, manajemen berhubungan dengan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing). pengaturan staf (staffing). pengarahan (directing) dan pengendalian (controlling) aktivitas-aktivitas upaya keperawatan atau divisi departemen keperawatan dan dari sub-unit departemen. Oleh karena itu seorang perawat terutama perawat manajer dituntut untuk dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen ini untuk membe…

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAY…

Nisa Maghfirah

Kecerdasan emosional mempunyai ikatan erat dengan keberhasilan bekerja, seorang perawat yang memiliki kecerdasan emosional baik senantiasa mempunyai kemampuan dalam berinteraksi. Kecerdasan emosional meliputi: kesadaran diri, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional perawat dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di ruang rawat inap kelas …

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN STATUS AKREDITASI DENGAN KEPUASAN PAS…

Nila Frisanti

ABSTRAK Latar Belakang: Akreditasi Puskesmas merupakan suatu proses untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Kepuasan pasien sangat berkaitan dengan kualitas pelayanan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien berdasarkan status akreditasi Puskesmas pada Puskesmas wilayah Kota Banda Aceh. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah pasien yang m…

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RU…

Wella Mellida

Komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat masih menjadi isu dikalangan masyarakat karena harapan pasien tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima. Keberhasilan komunikasi terapeutik sangat ditentukan oleh tingkat kepuasan pasien berdasarkan atas 4 fase komunikasi terapeutik yaitu : pre orientasi, orientasi, kerja, dan terminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi teurapeutik perawat di Rumah Sakit Pendidikan Universitas …

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN …

Aci Erfiyan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dimediasi oleh kinerja pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung. Tehnik pengambilan Sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 responden, sedangkan tehnik analisa data yang digunakan yaitu Structural Equation Model. Hasil penelitian menemukan bahwa komitmen organisasi dan kualitas pelayanan be…

HUBUNGAN PEMENUHAN HAK- HAK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG …

Jelvina Khaflita

Hak adalah kekuasaan atau kewenangan yang dimiliki oleh seseorang atau suatu badan hukum untuk mendapatkan atau memutuskan untuk berbuat sesuatu. Hak pasien adalah hak- hak pribadi yang dimiliki seorang pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pemenuhan ha- hak pasien dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh yang meliputi pemenuhan hak pasien untuk mendapat informasi tentang tatatertib; hak pas…




    SERVICES DESK