Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJA…

Bustami

PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD KOTA BANDA ACEH Oleh: Bustami NPM: 2009200050010 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Supervisi klinis merupakan bentuk pelaksanaan supervisi difokuskan pada peningkatan mengajar guru melalui siklus yang sistematik, dalam perencanaan, pengamatan, analisis yang intensif dan cermat tentang kompetensi pedagogi guru. Melalui kegiatan supe…

ANALISIS PROSES HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA SMA

Jilfa Yusri Yanti

Yanti, Jilfa Yusri. 2022. Analisis Proses Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dra. Elisa, M.Si. Seiring perkembangan kondisi, proses pembelajaran sudah dilakukan secara tatap muka, maka diperlukan proses pembelajaran yang sesuai dengan keadaan. Diperlukannya proses hybrid learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan …

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SBDP MELALUI KARYA MAKRAME PADA …

RICHA TIARMA

Dalam kurikulum 2013 Seni Rupa dan Prakarya (SBdP) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar yang mempelajari tentang budaya dan berkarya di dalam seni. Salah satu ilmu prakarya yang diajarkan di Sekolah Dasar yaitu karya makrame. Namun banyak guru di Sekolah Dasar tidak menerapkan materi tersebut, dikarenakan sulit dan kurangnya ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran SBdP melalui karya makrame pada peserta d…

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS DI SD NEGERI 71…

Aliffiani. Hs

ABSTRAK Hs, Aliffiani. 2017. Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus di SD Negeri 71 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd., (2) Drs. M. Husin, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Keterampilan Variasi Stimulus Dalam Konteks belajar mengajar kemampuan guru dalam mengajar harus memiliki keterampilan dasar mengajar salah satunya keteramp…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN P…

Ervina Mardani

ABSTRAK Mardani, Ervina. 2016. Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd Kata kunci : kemampuan guru, implementasi Kurikulum 2013, pelajaran produktif Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengimple…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

MANAJEMEN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMP…

MUSLIA

MANAJEMEN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI BANDA ACEH Oleh : MUSLIA NPM : 1509200050072 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Manajemen MGMP yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan (program), pelaksanaan, pengelolaan…

  • Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (H…

Wahyuni Iswandi

ABSTRAK Sebagian besar guru kurang mampu mengembangkan soal yang melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Persentase item Low Order Thinking Skill (LOTS) pada soal tes yang dibuat oleh guru matematika berkisar antara 53% sampai 90% dengan rata-rata 68%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan guru dalam merancang soal matematika High Order Thinking Skill (HOTS) Sekolah Dasar melalui kegiatan pendampingan dan aktivitas guru selama pelaksanaan kegiatan pendampinga…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN H…

Ichsan Firmansyah

ABSTRAK Firmansyah, Ichsan. 2018. Hubungan Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTsN 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) H. Daska Aziz, S.Pd, M.A Kata Kunci: pengelolaan kelas, gaya belajar siswa, hasil belajar Penelitian ini berjudul hubungan kemampuan guru dalam mengelola kela…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI SEUMAYA…

Renita Anggun Sutrisno

Pengelolaan kelas adalah salah satu tugas guru yang tidak pernah ditinggalkan. Kelas merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran. Proses belajar-mengajar akan terlaksana dengan baik, apabila guru sebagai seorang manajer mampu mengelola kelas secara baik pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas pada kelas rendah di SD Negeri Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan k…

  • PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUA, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECI…

Hafnidar

ABSTRAK Hafnidar. 2017. Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil di SD Negeri 1 Luengputu Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd., (2) Drs. Soedirman Z, M.Pd, Kata Kunci: kemampuan guru, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil adalah sal…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAHKUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK