Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KR…

ZHAIFATUL UKHAIRA

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pree Eksperimental Design dengan dengan jenis one group pretest-posttest design.. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penel…

GAMBARAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MELAKSANAKAN M…

Diba Nabilla Syaznas

Metode pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa keperawatan sangat berpengaruh dalam kemampuan berpikir kritis dan keterampilan mahasiswa dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala telah menerapkan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal tersebut yaitu dengan melaksanakan metode Problem Based Learning (PBL). Terdapat enam sub¬-skill yang dikembangkan oleh Facione sebagai indikator kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan dari peneliti…

PENGEMBANGAN MODUL MATERI TERMOKIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS UN…

AIDA AULIYANI

ABSTRAK Penggunaan bahan ajar yang mendukung higher order thinking skills (HOTS) mengenai materi termokimia cenderung kurang sehingga menyebabkan keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik menjadi rendah. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran kimia berbasis HOTS pada materi termokimia dan peningkatan KBK serta respon peserta didik terhadap implementasi modul tersebut. Sampel penelitian 71 peserta didik yang terbagi ke d…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR …

Agustiana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru, dan respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS I SMA Negeri 1 Kuta Makmur yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa instrumen berupa post test, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Penel…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FILM …

AGE ARYA IRFANDI

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tapaktuan”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS menggunakan model problem based Learning dengan media film dokumenter. (2) mengkaji respon peserta didik terhadap penerapan model problem based learning dengan…

IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBE…

Fariatul Murtavia

ABSTRAK Murtavia, Fariatul. 2021. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed., (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap LKPD berbasis Blended Learning. Penelitia…

PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN B…

YURI ALVIRA

ABSTRAK Alvira, Yuri. 2021. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning dan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Novia Zalmita, S.Pd, M. Pd., (2) Muhammad Okta Ridha M., S.Pd, M.Pd. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, Brain Based Learning, W…

KAJIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Sartika

Studi empat tahunan Internasional Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang dilakukan kepada siswa SMP dengan karakteristik soal dengan level kognitif tinggi yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa kemampuan siswa indonesia secara konsisten berada pada peringkat bawah. Hal ini menunjukan bahwa masih ada pembelajaran matematika yang belum memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah …

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MEMALUI MODEL PROBLEM BESED LEARNING PADA MAT…

Retna Suci Wulandari

Wulandari, Retna Suci. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Turunan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas Xi Sman Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata kunci : pembelajaran problem based learning, berpikir kritis siswa, materi turunan Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling besar…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICTION-OBSE…

LISA LUSIANA

Berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang perlu didorong oleh guru dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan observasi pembelajaran matematika yang masih berpusat kepada siswa, mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih sulit berkembang. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Salah satu cara guru untuk mengembangkan berpikir kritis dapat dilakukan dengan strategi pembelajaran Prediction-Observat…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK