Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PENGGUNAAN LMS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMAN …

Adinda Novianti

Penelitian yang berjudul “ Pengaruh Penggunaan LMS Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Banda Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI dengan menggunakan LMS di SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI dengan menggunakan LMS di SMAN 4 Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan non-equivalent cont…

PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN UNGGUL BINA…

Adinda Wirda Herdiana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN Unggul Binaan Bener Meriah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriftif kuantitatif.Sampel pada penelitian ini adalah seluru kelas XI MIA SMAN Unggul Binaan Bener Meriah sejumlah 71 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket untuk gaya belajar siswa dan dokumentasi untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menun…

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SM…

Herdiyanti Rupmana

ABSTRAK Kata kunci: Media PhET Simulation, Hasil Belajar Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan” mengangkat masalah apakah ada pengaruh penggunaan media PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 1…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIR…

Suci Mustika Yanni

ABSTRAK Yanni, Suci Mustika. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Diskoveri di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Elisa Kasli, M.Si,. (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si Kata kunci : strategi pembelajaran diskoveri, strategi pembelajaran inkuiri , hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kel…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE,…

Rizka Nurul Dina

ABSTRAK Dina, Rizka Nurul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Alat-Alat Optik di Kelas X IA-1 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran ROPES, hasil belajar, alat -alat optik Masalah dalam…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGG…

Masyithah Dahliani

ABSTRAK Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran kolaboratif, pendekatan saintifik, hasil belajar Penelitian yang berjudul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa dikelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar” mengangkat masalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran kolaboratif learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa dikelas VIII SMP Negeri 2 Kuta B…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2015
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIUKUR DENGAN TEKA-TEKI SILANG DAN TES BI…

Fithri Fadhli

ABSTRAK Kata kunci : teka-teki silang, hasil belajar Banyak siswa yang mengeluhkan tentang sulitnya mata pelajaran fisika karena mereka beranggapan bahwa mata pelajaran fisika memiliki banyak rumus yang harus dihafal dan sulitnya mereka memahami konsep-konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar mengggunakan teka-teki silang. Penelitian ini dilakukan di MTsN Model kelas VII sebanyak dua kelas yang berjumlah 46 siswa. Adapun sampel diambil …

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTI…

Cut Eka Parasamya

ABSTRAK Eka Parasamya, Cut. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Usaha dan Energi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Ahmad Hamid, M.Pd., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Konstruktivisme, Hasil Belajar Peneliti…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM NYATA DAN L…

Abdul Quddus

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas X MAN Darussalam yang diajarkan dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual pada materi Hukum Newton. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih siswa kelas X-IPA1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen 1, dan siswa kelas X-IPA2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SMA NEGERI 1 P…

Lia Khairina

ABSTRAK Khairina, Lia. 2019. Pengaruh Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada SMA Negeri 1 Pintu Rime Gayo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Tarmizi Hamid, M. Pd., (2) Dra. Nurulwati, M.Pd Kata Kunci:Percaya diri, Hasil belajar Percaya diri merupakan salah satu faktor yang berperan dalam proses pembelajaran. Seseorang siswa yang memiliki rasa percaya diri yang baik, optimis akan berusaha kera…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK