PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN MAKROSKOPIS-MIKROSKOPIS PADA MATERI…
Kata kunci: bahan ajar, pendekatan makroskopis-mikroskopis
Telah dilakukan penelitian tentang "Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis di MAN 3 Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan makroskopis-mikroskopis pada materi kelautan dan hasil kali kelarutan dan menganalisis persepsi siswa dan guru terhadap bahan ajar yang digunakan. Sub…
PENGEMBANGAN LKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS
ABSTRAK
Istiana, Nana. 2016. Pengembangan LKS Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Ramli, M.Pd., (2) Prof. Dr. Halim Majid, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan, LKS, bahasa, sastra
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS bahasa dan sastra Indonesia dan mengetahui keefektifan LKS yang digunakan. Metode yang digunakan dalam peneli…
- Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
- Baca Selengkapnya
PENGEMBANGAN MODUL SENYAWA HIDROKARBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/SEDERAJAT …
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa modul senyawa hidrokarbon untuk SMA yang teruji layak untuk dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri pada pembelajaran senyawa hidrokarbon SMA kelas XI semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap, yakni (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi…
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI L…
ABSTRAK
Kata Kunci : lembar kerja siswa, kontekstual, laju reaksi
Telah dilakukan penelitian tentang Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja
Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 4
Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan bahan ajar lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi laju
reaksi yang layak dan dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar. Sampel
penelitian ini yaitu 4 orang guru kimia d…
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMA…
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrokarbon melalui penggunaan pengembangan bahan ajar modul. Pengembangan modul menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri atas tiga fase, yaitu fase analisis keperluan, desain, serta pengembangan dan impleme…
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KIMIA TERAPAN SEBAGAI ALTERNATIF MATERI PELA…
Penelitian yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kimia Terapan Sebagai Alternatif Materi Pelajaran Muatan Lokal (Mulok) untuk SMA/MA Di Kota Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah tanggapan guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan sebagai alternatif materi pelajaran muatan lokal (Mulok) untuk SMA/MA di kota Banda Aceh yang telah disusun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis kimia terapan s…
PENERAPAN BAHAN AJAR HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS …
ABSTRAK
Kata kunci: handout, hasil belajar, aktivitas belajar siswa (i)
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan bahan ajar handout pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa (i) di SMAN 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa (i) kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen (menggunakan handout) dengan jumlah siswa (i) 26 dan kelas XI…