Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PERJUANGAN RAKYAT KLUET MELAWANRNKOLONIALISME BELANDARN(1925-1927)

Anzalimuddin

Penelitian yang berjudul Perjuangan Rakyat Kluet Melawan Kolonialisme Belanda (1925-1927) ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor yang melatarbelakangi munculnya perlawanan Rakyat Kluet terhadap Kolonial Belanda pada tahun 1925-1927, (2) Mendeskripsikan strategi Rakyat Kluet di dalam perlawanan terhadap Kolonial Belanda tahun 1925-1927, (3) Menganalisis dan mendeskripsikan faktor yang mendasari baru munculnya gerakan perlawanan Rakyat Kluet terhadap Kolonial Belanda pada tahun 1925-1927 d…

PENGARUH MEDIA LAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PAD `A MATA PELAJARAN IPS…

TASYA AURELIYA

Penelitian ini berjudul pengaruh media lapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsS Darul Hikmah Kabupaten Aceh Besar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh media lapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII MTsS Darul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Preexperimental design, berbe…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRESENTACY (DMR…

Fhani Aprilia Novita

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)dengan Berbantuan Media Wall Chart Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media Wall Chart di kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya dalam pembelajaran Sejarah. (2) Mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tip…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST,…

NOVIA RIZKI ANANDA

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Meulaboh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas X MIA SMA N 2 Meulaboh. Pene…

PENGARUH MEDIA LINIMASA SEJARAH CARD GAME TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISW…

YOGA TRI NUGRAHA

ABSTRAK Nugraha, Yoga Tri 2022. Pengaruh Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 2 Kota Binjai, Sumatera Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Teuku Kusnafizal, M. Pd. (2) Muhjam Kamza, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Media Linimasa Sejarah Card Game, Minat Belajar. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Media Linimasa Sejarah Card Game Terhadap M…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST,…

NOVIA RIZKI ANANDA

Novia Rizki Ananda (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Meulaboh. Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Meulaboh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan un…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE BERBANTUAN…

Sari Pitri Yani

Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kurangnya hasil belajar sejarah siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question student have berbantuan media poster pada pembelajaran sejarah di MAN 6 Aceh Besar, dan berapa besar hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe question student have berbantuan media poster dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sejarah di MAN 6 Ac…

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PA…

Thalia Natasya Syarief

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design berbentuk one-shot case study. Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII-1 yang berjumlah 20 orang siswa yang diberi perlakuan berup…

ABUYA SYEKH H. AMRAN WALY AL- KHALIDI 1947-2021:RNSANG PENCETUS MAJELIS PENG…

Ziaul Fahmi

Penelitian yang berjudul Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi 1947-2021: Sang Pencetus Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjabarkan latar belakang kehidupan Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi (2) menjelaskan latar belakang sejarah dan pemikiran Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi tentang MPTT (3) menjabarkan respon dan reaksi masyarakat terhadap MPTT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah. Adapun teknik pengumpulan…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDI…

MUHAMMAD IKRAM

ABSTRAK Ikram Muhammad. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Catur Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Ingin Jaya.”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs Mawardi M.Hum, (2) Muhammad Haikal, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Media Catur, Keaktifan Belajar. …




    SERVICES DESK