Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI BILANGAN PE…

Siti Sabariah Cut

Masalah yang dialami siswa dalam mempelajari materi bilangan pecahan dimasa pandemi membuat siswa tidak tuntas dalam belajar sehingga perlu dilakukan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial yang dilaksanakan selama ini belum optimal. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran remedial secara optimal diperlukan pembelajaran remedial berbasis e-learning. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran remedial berbasis e-learning pada materi bilangan pecah…

PROSES SCAFFOLDING BAGI SISWA YANG MENGALAMI DISKALKULIA PADA MATERI OPERASI …

AYU PRATIWI RAHMATUNISAH

Ayu Pratiwi Rahmatunisah (2022). Proses scaffolding bagi Siswa yang Mengalami Diskalkulia pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Scaffolding memiliki peran sebagai bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yang mengalami diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses scaffolding bagi siswa yang mengalami diskalkulia pada materi operasi hitung bilangan cacah. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu enam sis…

PROSES PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI FUNGSI KU…

MUHARDIANTI

Muhardianti (2023), Proses Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Fungsi Kuadrat berdasarkan Tipe Kepribadian. Pandangan negatif pada materi fungsi kuadrat menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman siswa di Indonesia terhadap matematika. Kemampuan pemecahan masalah dapat dikatakan sebagai kemampuan yang digunakan dalam menentukan solusi dan pemecahan dari suatu masalah matematika. Karakteristik yang dimiliki menjadi salah satu faktor yang mempe…

PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENGIDENTIFIKASI LEARN…

Mulia Lestari

Pandemi covid-19 yang melanda dunia selama dua tahun sudah mempengaruhi pendidikan di Indonesia. Dampak dari perubahan kebijakan dalam pendidikan selama pandemi covid-19 mengakibatkan adanya kemunduran siswa dalam keterampilan dan pembelajaran dasar yang dikenal dengan istilah learning loss. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi learning loss adalah dengan merancang soal Assessment Diagnostic Cognitive (CDA). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan soal diagnostik mat…

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN…

Stri Pertiwi

Model pembelajaran inquiry terbimbing merupakan aktivitas siswa yang menekankan secara maksimal untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus disesuaikan dengan sintaks/tahap pada model pembelajaran inquiry terbimbing. Beberapa perangkat pembelajaran telah dikembangkan untuk membantu guru dalam membuat bahan ajar, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak ditemukan guru yang belum menguasai atau memahami penggunaan teknologi terutama media pembela…

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI PECA…

AISYAH RAYHAN MOULINA

ABSTRAK Aisyah Rayhan Moulina (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Remedial Berbasis E-Learning pada Materi Pecahan di SMP Masih banyak siswa mengalami kesulitan dan ketidaktuntasan belajar sehingga siswa harus mengikuti remedial. Pembelajaran remedial yang diberikan belum sesuai dengan prinsip pembelajaran remedial. Diperlukan media pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran remedial berbas…

HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI LEARNING LOSS MELALUI REMEDIAL BERBASIS E-…

Pajarina

Learning loss merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar sehingga diperlukan pembelajaran remedial. Pembelajaran remedial dilaksanakan melalui e-learning memuat soal serta video pada materi bentuk aljabar yang dikembangkan oleh Tim Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realisitik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah remedial berbasis e-learning dan m…

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL TREND IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCI…

Asmaul Husna

Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS) merupakan salah satu penilaian berbasis internasional yang digunakan untuk menilai kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil TIMSS, kemampuan matematika siswa Indonesia masih sangat rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal TIMSS yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menye…

MODEL MATEMATIKA PERILAKU BELAJAR SISWA

Mutiawati

RINGKASAN Perilaku belajar dapat didefinisikan sebagai bentuk kesiapan mental yang dimiliki oleh siswa dalam mengadopsi bentuk dan metode pembelajaran baik secara teoritis maupun praktis berupa kecakapan, keaktifan, kreativitas, motivasi belajar yang dikembangkan secara stabil baik di dalam kelas maupun melalui interaksi sosial siswa di luar kelas. Hasil kajian systematic literature review dari 10 database elektronik terhadap 504 artikel diketahui bahwa perilaku belajar siswa dipengaruhi …

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATER…

RISKI RAMADHAN

Kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal biasanya ditandai dengan kesalahan yang mereka lakukan ketika menjawab soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa beserta penyebabnya dalam menyelesaikan soal Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t…




    SERVICES DESK