Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAI…

Nurul Husna

Keterampilan proses sains adalah keterampilan ilmiah yang terarah yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya. Keterampilan proses sains adalah salah satu dimensi yang penting dalam literasi sains. Kenyataannya, dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Peukan Baro didapatkan kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan …

PENGEMBANGAN MODUL TERMOKIMIA BERMUATAN NILAI RELIGI UNTUK MENINGKATKAN KARAK…

Mawaddah

Karakter amanah merupakan karakter utama yang harus terpatri dalam jiwa manusia untuk diaplikasikan dalam rutinitas sehari-hari, begitupun dengan motivasi belajar peserta didik penting ditinjau dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan modul termokimia bermuatan nilai religi ini dirancang untuk dijadikan sebagai bahan ajar pendukung oleh guru dalam membentuk karakter amanah dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan validitas isi…

PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA …

Muthiara Cynthiasih

Abstrak Rendahnya tingkat kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran fisika terjadi karena diduga salah satu dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini terkait model pembelajaran Inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran fisika. Pendekatan …

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SI…

BELLA ATTAQY

ABSTRAK Attaqy, Bella. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Evendi, M.Pd , (2) Dra. Elisa, M.Si Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan literasi sains siswa di MAN 3 Banda Aceh masih relatif rendah, tujuannya ialah untuk menganalisis bagaimana pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhada…

IMPLEMENTASI MODEL PHYSICS INDEPENDENT LEARNING (PIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMA…

Tiara Mustika Wardani

Menghadapi tuntutan pembelajaran sains pada abad ke-21 yang memerlukan sumber daya manusia dengan kompetensi peserta didik yang dapat bekerjasama secara kolaboratif, berfikir kreatif, inovatif, bertanggungjawab, mampu belajar secara mandiri serta mampu memecahkan masalah dengan baik. Namun faktanya, kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah setelah d…

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MAHASISW…

Nuril Husna

Kemampuan pemahaman konsep merupakan dasar dari kemampuan lainnya termaksud kemampuan komunikasi. Namun kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi mahasiswa Universitas Samudra belum dapat terukur secara jelas untuk dapat ditarik kesimpulan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika Universitas Samudra. (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi mahasiswa pendidikan fisika Universitas Samudra (3) Untuk mengetahui …

PENGARUH MEDIA GAMIFICATION DALAM JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP B…

LIA MUSNIDAR

ABSTRAK Konsep materi fisika untuk sebahagian peserta didik merupakan konsep yang sulit. Padahal, peserta didik cenderung senang bekerja sama dan kritis dalam bertanya, namun kurang dalam membangun ide antar sesama untuk pemahaman konsep materi fisika. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar yakni sekitar 20% peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal untuk materi Fisika secara keseluruhan. Berdasarkan masalah di atas adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menget…

PENGARUH APLIKASI KAHOOT! TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR P…

CUT ROSI DYANTI

ABSTRAK Kahoot! merupakan aplikasi media pembelajaran bersama di kelas dengan bantuan koneksi internet yang bersifat sederhana namun bisa menyenangkan bagi peserta didik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi kahoot!terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dilaksanakan dengan nonequivalent c…

PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH TERHADAP PENI…

Oka Melawati

Keterampilan pemecahan masalah merupakan kebutuhan peserta didik di abad 21 ini sehingga perlu untuk dimiliki. Kurikulum 2013 yang diberlakukan oleh pemerintah salah satunya memfokuskan peserta didik pada keterampilan pemecahan masalah. Namun kenyataannya, keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMAN 1Woyla masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi pengaruh penggunaan LKPD berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan pemecahan ma…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PENYELESAIAN MASALAH MINNESOTA DALAM MENYELESAIK…

Elva Sesioria Putri

ABSTRAK Putri, Elva Sesioria. 2022. Efektivitas Penggunaan Model Penyelesaian Masalah Minnesota dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika di MAN I Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed., (2) Dr. Evendi, M.Pd Penelitian yang berjudul “Efektivitas Penggunaan Model Penyelesaian Masalah Minnesota dalam Menyelesaikan Soal Fisika di MAN 1 Banda Aceh” ini mengangkat masalah…




    SERVICES DESK