Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN MOT…
MIFTAHUL JANNAH
Kebanyakan siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan melihat langsung proses pembelajaran dan siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dengan audio visual. Penggunaan Microsoft Sway yang menarik, tepat kiranya digunakan sebagai media pembelajaran. Karena Microsoft Sway dapat digunakan untuk membuat presentasi yang terdiri dari teks, gambar, video, dan animasi. Microsoft Sway dapat dibagikan dengan menggunakan tautan, sehingga pengguna tidak perlu memasang aplikasi tambahan untuk m…
- Fakultas KIP Fisika, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR DISKUSI PESERTA DIDIK BERBASIS JEJARING PERTANYAAN…
FARAH NABILA
Kurikulum 2013 mengutamakan kerterlibatan peserta didik yang lebih mendominasi kelas saat proses pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Kenyataannya selama proses kegiatan belajar peserta didik masih cenderung pasif dan kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fisika. Agar mengurangi permasalahan yang dihadapi peserta didik, maka diperlukan upaya yang mampu menciptakan interaksi yang positif antara peserta didik dengan guru sehingga dapat meningkatkan aktivitas …
- Fakultas KIP Fisika, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI E-BELAJAR PADA MATERI IP…
Syelvira salsabella
Munculnya teknologi dan informasi yang semakin canggih telah mengalami perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu dalam pendidikan . Kemajuan tersebut telah di terapkan di sekolah saat kasus covid- 19. Pendidikan Kota Banda Aceh menggunakan e-belajar dalam proses belajar mengajar di masa pandemi . e-belajar merupakan jalan kedepan dalam pertumbuhan teknologi dan perkembangan informasi dalam dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh melalui e-belajar dengan memanfaatkan media online sang…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STA…
IRNA HUMAIZA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada topik fluida statis menggunakan three-tier diagnostic test. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods) yang mengombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang berjumlah 44 siswa. Sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tes th…
- Fakultas FKIP (S1), Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BERBASIS HOTS (HIGH …
HUJJATUDDIN
Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika berbasis High Order Thinking Skilss (HOTS) pada siswa SMA NEGERI 2 Kluet Utara. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA NEGERI 2 Kluet Utara yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui metode tes dan wawancara. Pengolahan hasil penelitian dan analisis daya menggunakan persamaan persentase. Hasil analisi tersebut menyimpulkan bahwa ke…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRY TERBIMBING BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HA…
MELDHA ARLIANA
Abstrak Arliana, Meldha. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang di SMAN 5 Banda Aceh Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing : (1) Dra. Susanna, M.Pd., (2) Drs. Elmi Mahzum, M.IT. Kurikulum 2013 mengutamakan keterlibatan siswa didalam proses pembelajaran, keterlibatan atau keaktifan untuk mengasah kemampuan dan potensi yang dimil…
- Fakultas KIP - Pendidikan Fisika, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA TE…
Lizar Fitri
Pembelajaran fisika guru menggunakan metode/model yang bervariasi dan pada akhir bab guru melakukan evaluasi dengan menggunakan metode konvensional, Namun pelaksanaan ujian tidak terawasi dengan baik, maka terbuka peluang siswa saling berbagi (kecurangan). Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan Aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran yang ditinjau dari kemampuan kognitif peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, Jenis penelitian ini adalah eksperime…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MELA…
T. FHONNA RIZKI
Abstrak: Proses belajar mengajar yang diterapkan selama ini dinggap belum mampu meningkatkan interaksi antar peserta didik. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh International Association for the Evaluation of Educational Achievement pada tahun 2015 dalam Trends in Mathematics and Science Study dinyatakan bahwa siswa Indonesia hanya mampu mengenal fakta-fakta dasar ilmu sains. Berdasarkan pernyataan tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak pembelajaran kooperatif tip…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
KENDALA GURU IPA DALAM PENGGUNAAN IT (INFORMATION TECHNOLOGY) PADA PEMBELAJAR…
USWATI AFDIAN
ABSTRAK Afdian, Uswati. 2022. Kendala Guru IPA Dalam Penggunaan IT (Information Technology) Pada Pembelajaran Daring. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Saminan,M.Pd (2) Drs. Abdul Hamid, M.Pd. Hadirnya covid-19 menyebabkan guru mengajar secara daring dan guru belum mampu memanfaatkan perkembangan Information Technology (IT) dalam membuat media yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga proses pembelajara…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBE…
Fariatul Murtavia
ABSTRAK Murtavia, Fariatul. 2021. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed., (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap LKPD berbasis Blended Learning. Penelitia…
- Fakultas KIP Pendidikan Fisika, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya