Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PROSES SCAFFOLDING BAGI SISWA YANG MENGALAMI DISKALKULIA PADA MATERI OPERASI …

AYU PRATIWI RAHMATUNISAH

Ayu Pratiwi Rahmatunisah (2022). Proses scaffolding bagi Siswa yang Mengalami Diskalkulia pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Scaffolding memiliki peran sebagai bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yang mengalami diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses scaffolding bagi siswa yang mengalami diskalkulia pada materi operasi hitung bilangan cacah. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu enam sis…

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMA…

NYA` NADILA SABRINA

ABSTRAK Nya’ Nadila Sabrina (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Self efficacy merupakan salah satu faktor rendahnya pemahaman matematis siswa di Indonesia. Self efficacy adalah kepercayaan diri akan kemampuan yang seseorang punya, dan kepercayaan bahwa ia dapat menyelesaikan suatu masalah. Diharapkan dengan self efficacy dapat membantu siswa mencapai pemahaman matematis. Tujuan penelitian ini…

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI BERDASARKAN GENDER DI SMA NEGERI…

VIEKA ADYVA

Kemampuan penalaran matematis penting untuk dimiliki siswa agar siswa mudah memecahkan masalah pada persoalan matematika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI berdasarkan gender di SMA Negeri 1 Banda Aceh khususnya pada materi Program Linear. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Banda A…

KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VII DI MTSN 2 ACEH BESAR

SYARIFAH NAZIRA ULFA

Kesulitan belajar matematika yang dialami oleh para siswa akan menyebabkan siswa semakin tidak berminat mempelajari matematika dan jika melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat diprediksi bahwa siswa akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya apabila tidak memahami matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan faktor penyebabnya. Penelitian in…

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 …

RAHIL MASTURAH

Kemampuan matematis adalah suatu kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menghadapi permasalahan pada matematika. Salah satu caranya menggunakan TIMSS. TIMSS kepanjangan dari Trends in International Mathematics and Science Study. TIMSS merupakan penilaian internasional untuk mengukur kemampuan pada matematika dan IPA. Salah satu upaya dalam pembelajaran matematika mencoba menguji soal TIMSS di sekolah untuk memanfaatkan soal-soal non rutin seperti soal TIMSS. Tujuan penelitian ini …

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBASIS E…

Esti Nanda Kesuma

Pada era globalisasi ini, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus digenggam oleh siswa. Oleh karenanya di dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukannya perangkat pembelajaraan yang mampu membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) bernuansa etnomatematika yang valid untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Perangkat pemb…

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS S…

NAZIFATUL ULFA

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman matematis siswa, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe STAD dengan peningkatan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran tradisional . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan true eksperimental design. Po…

KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA DI SM…

EKA SYAFRIDA HARAHAP

Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan seseorang dalam proses merencanakan strategi, memantau strategi, dan mengevaluasi strategi. Metakognisi memiliki peranan penting bagi siswa untuk membantunya dalam proses penyelesaian masalah matematika dengan strategi yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika serta memaparkan strategi-strategi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika …

KESALAHAN MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL ALJABAR ELEMENTER DITINJAU DARI P…

Kurniadi Rizki

Kesalahan merupakan kekeliruan terhadap suatu tahapan yang benar. Jenis-jenis kesalahan dapat diidentifikasi salah satunya menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar elementer. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek tes da…

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJAR…

ZARINA

Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan yang esensial secara matematis dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk mengembangkan dan menguasai matematika dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi barisan dan deret geometri siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 siswa yang mewakili kemampuan berpikir kreatif kategori kr…




    SERVICES DESK