Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

GAMBARAN PELAKSANAAN HANDOVER PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PENDIDI…

ATRIVIA

Handover atau serah terima adalah transfer tentang informasi selama perpindahan perawatan berkelanjutan yang mencakup pertanyaan, klasifikasi, konfirmasi tentang pasien, tanggung jawab utama dan kewenangan perawat dari perawat sebelumnya ke perawat yang akan melanjutkan perawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan handover perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendek…

GAMBARAN PERILAKU ASERTIF PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RS IBU DAN ANAK BAN…

Andika Putri

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin hari semakin meningkat sehingga harus direspon secara tepat oleh tenaga kesehatan. Perawat sebagai tenaga kesehatan yang berinteraksi dengan pasien selama 24 jam dituntut untuk berperilaku asertif agar pelayanan keperawatan berlangsung optimal. Namun jika perawat tidak mampu berperilaku asertif maka akan berdampak pada terganggunya hubungan perawat-pasien dan susah untuk mendapatkan kepercayaan pasien ketika memberikan asuhan keperawata…

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PERAWAT SELAMA PANDEMI COVI…

Ferra Nuraeni

Pada tahun 2019 munculnya penyakit jenis baru yaitu Corona Virus (Covid-19). Adanya Covid-19 ini, tuntutan pekerjaan tenaga kesehatan khususnya perawat semakin bertambah dikarenakan banyak pasien terjangkit virus Covid-19. Akibatnya perawat mengalami stres kerja. Stres kerja merupakan suatu kondisi tekanan yang berasal dari lingkungan kerja, organisasi serta individu yang menuntut perawat untuk dapat melakukan penyesuaian guna mempertahankan keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menget…

TINGKAT KINERJA PERAWAT DAN KEPUASAN PASIENRNSELAMA PANDEMI COVID-19 DI RUANG…

Maulia Midari

Kinerja perawat selama pandemi Covid-19 berbanding terbalik dengan kinerja sebelum pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19 perawat harus menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi, seperti pola penatalaksanaan penerimaan pasien saat pandemi Covid-19. Perubahan kondisi tersebut diduga dapat berimbas pada kinerja perawat dan kepuasan pasien dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja perawat dan kepuasan pasien selama pand…

PERBANDINGAN TINGKAT BURNOUT PADA PERAWAT RUANG RAWAT INAP UMUM DENGAN PERAWA…

Nuril Yumna

Burnout pada perawat merupakan masalah yang sangat kritis dan dapat berdampak negatif pada kesejahteraan perawat, baik dalam kualitas kinerja perawat untuk memberikan perawatan pada pasien maupun untuk kesehatan perawat itu sendiri. Selain itu, perawat dihadapkan dengan tantangan baru yaitu pandemi Covid-19 yang meningkatkan beban kerja pada perawat dimana hal tersebut adalah salah satu faktor penyebab terjadinya burnout. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat burnout pada pe…

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANG DENGAN PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN…

Wulan Daria

Kualitas pelayanan sebuah rumah sakit ditentukan oleh berbagai sumber, salah satunya sumber daya manusia yang dimiliki, yaitu perawat yang berperan penting dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor individu dan psikologis, tetapi juga kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi perawat pelaksana terhadap gaya kepemimpinan kepala ruang dengan…

PENERAPAN STANDAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA …

MIRNA WULAN SARI

PENERAPAN STANDAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan terutama perawat menempatkan perawat dan pasien berada dalam keadaan yang beresiko sehingga dapat membahayakan pasien dan menyebabkan kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil penelitian di provinsi Jawa Barat didapatkan bahwa kejadian kecelakaan akibat kerja seperti kejadian tertusuk jarum (32,8%), teriris pisau (3,3%), terluka (24,5%)…


    SERVICES DESK