Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PROSES SCAFFOLDING BAGI SISWA YANG MENGALAMI DISKALKULIA PADA MATERI OPERASI …

AYU PRATIWI RAHMATUNISAH

Ayu Pratiwi Rahmatunisah (2022). Proses scaffolding bagi Siswa yang Mengalami Diskalkulia pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Scaffolding memiliki peran sebagai bantuan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yang mengalami diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses scaffolding bagi siswa yang mengalami diskalkulia pada materi operasi hitung bilangan cacah. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yaitu enam sis…

PROSES PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI FUNGSI KU…

MUHARDIANTI

Muhardianti (2023), Proses Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Fungsi Kuadrat berdasarkan Tipe Kepribadian. Pandangan negatif pada materi fungsi kuadrat menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman siswa di Indonesia terhadap matematika. Kemampuan pemecahan masalah dapat dikatakan sebagai kemampuan yang digunakan dalam menentukan solusi dan pemecahan dari suatu masalah matematika. Karakteristik yang dimiliki menjadi salah satu faktor yang mempe…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA UNTUK MENINGKA…

Zulhelmi

Zulhelmi (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pengembangan perangkat pembelajaran merupakan suatu permasalahan dalam meningkatan kualitas mutu pendidikan. Mempertimbangkan keadaan kondisi geografis di Indonesia yang sangat beraneka ragamnya, penyesuaian perangkat harus disesuaikan dengan latar budaya siswa. Budaya dapat mempengaruhi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran…

KEMAMPUAN SISWA SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH DALAM MEMECAHKAN MASALAH…

Fajria Humaira

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu materi yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah siswa adalah materi bangun datar. Pada materi bangun datar, banyak objek dalam kehidupan sehari-hari yang bentuknya beragam selain dari bentuk bangun datar yang dipelajari di sekolah, sehingga untuk menghitung luasnya diperlukan pendekatan yang berbeda selain dari rumus-rumus bangun datar yang diajarkan d…

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SIS…

Intan fadilla

Siswa diharapkan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik pada pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi lingkaran masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual, verbal, auditori, dan kinestetik pada…

KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VII DI MTSN 2 ACEH BESAR

SYARIFAH NAZIRA ULFA

Kesulitan belajar matematika yang dialami oleh para siswa akan menyebabkan siswa semakin tidak berminat mempelajari matematika dan jika melihat bagaimana pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat diprediksi bahwa siswa akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sosialnya apabila tidak memahami matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dan faktor penyebabnya. Penelitian in…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS KEISL…

Mardhiati

Mardhiati (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Keislaman pada Materi Aritmetika Sosial Matematika memegang peranan penting dalam perkembangan sikap dan pengetahuan peserta didik. Pembelajaran matematika dapat dipelajari melalui berbagai pendekatan konteks yang dekat dengan peserta didik agar terwujud hasil pembelajaran yang berkesan dan penuh makna. Hal ini dapat diaplikasikan dalam bentuk menggaktifkan kegiatan peserta didik melalui masala…

EKSPLORASI PENGUASAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITU…

DESVIA ANANDA

Penguasaan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat merupakan dasar pembelajaran matematika yang diperlukan oleh siswa sejak awal untuk mencapai pembelajaran matematika yang lebih tinggi. Namun yang mengeksplorasi terkait proses penyelesaian siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pen…

EKSPLORASI PENGUASAAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETE…

Nurjati

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang selama ini digunakan sebagai program pengganti Ujian Nasional (UN) lebih banyak dikaji tentang hasil penyelesaian terkait dengan literasi dan numerasi, baik tingkat SD hingga SMA dengan jumlah dan level soal yang berbeda. Namun proses penyelesaian soal AKM yang dilakukan terkait dengan penguasaan literasi dan numerasi siswa belum banyak diungkap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses siswa dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian melalui p…

PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED DENGAN KONTEKS BUDAYA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BE…

Rika Zahra

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa penting untuk dimiliki oleh siswa. Salah satu yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan pemberian soal open ended. Namun, soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih terbatas ketersediaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang valid, praktis dan efektif.…




    SERVICES DESK