//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT LOBSTER BATU (PANULIRUS PENICILLATUS) DI LOKASI BAK PENAMPUNGAN BERBEDA PUNGE JURONG DAN PUNGE BLANG CUT KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mentari Ramadhan. Aj - Personal Name
SubjectLOBSTERS-ZOOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang identifikasi dan prevalensi ektoparasit pada bak penampungan berbeda di Punge Jurong dan Punge Blang Cut, Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengetahui nilai prevalensi dan intensitas pada Lobster Batu (Panulirus penicillatus) serta membandingkan tingkat serangan ektoparasit pada bak penampungan Punge Jurong dan Punge Blang Cut. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 3 kali sampling total masing-masing lokasi diambil sebanyak 15 ekor. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua lokasi bak penampungan Punge Jurong dan Punge Blang Cut terserang oleh dua jenis ektoparasit yaitu Octolasmis sp. dan Poecilasmatidae. Nilai prevalensi Octolasmis sp. pada kedua bak penampungan adalah 100 %, sedangkan nilai intensitas Punge Jurong adalah 22 individu/ekor dan Punge Blang Cut 14 individu/ekor. Nilai prevalensi ektoparasit Poecilasmatidae pada Punge Jurong 66,6% dan untuk Punge Blang Cut 73,3%, sedangkan untuk nilai intensitas pada bak penampungan Punge Jurong 10 individu/ekor dan Punge Blang Cut 6 individu/ekor. Punge Jurong dan Punge Blang Cut memiliki nilai prevalensi yang tinggi untuk ektoparasit Octolasmis sp. yaitu dengan nilai 100 % dikategorikan dalam tingkat serangan selalu dan infeksi sangat parah sedangkan untuk intensitas pada bak penampungan Punge Jurong dan Punge Blang Cut dikategorikan tingkat infeksi sedang. Kata kunci : Prevalensi, intensitas, ektoparasit, lobster batu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI LOBSTER (PANULIRUS SP.) DI PERAIRAN PANTAI SIMEULUE (Nofian Karisma, 2016)

INFESTASI EKTOPARASIT PADA LOBSTER ( PANULIRUS SP.) YANG BERASAL DARI PERAIRAN LAUT KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Nazra Humaira, 2019)

INVENTARISASI DAN SEBARAN LOBSTER (PANULIRUS SP) DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAHRNKABUPATEN SIMEULUE (NURUL AMRI, 2015)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

ANALISA KEPADATAN PENDUDUK KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN MEURAXA) (IRFAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy