//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE MIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII-2SMP NEGERI 3 KEJURUAN MUDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARLIATI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MIND TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Keringnya media dalam pembelajaran IPS dan kemonotonan dalam metode menyebabkan siswa menjadi kurang kurang menarik terhadap pembelajaran IPS. Demikian pula siswa jadi tidak terasah fikirannya karena hanya diminta untuk menghafal konsep-konsep atau kejadian-kejadian yang terdapat pada mata pelajaran tersebut. Sedangkan proses berfikir kritis-analitis-argumentatif, hampir tidak dilatih dan diajarkan oleh guru-gurunya. Keadaan semacam ini membuat siswa menjadi tidak termotivasi dalam mempelajari IPS dan akibatnya, prestasi yang dicapai siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya upaya atau model pembelajaran yang dapat menempatkan siswa sebagai subyek didik yang aktif, sehingga siswa termotivasi untuk mempelajari materi dan pada akhirnya mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Untuk itulah maka penulis ingin mengadakan suatu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping yang dimungkinkan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran tipe Mind Mapping sangat efektif bila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang kita miliki dan membuat asosiasi diantara ide tersebut. Maka penelitian ini diberi judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kejuruan Muda”. Tujuan penelitian ini adalah untuk:1) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping, 2) untuk mengetahui kenmampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping, 3) Untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model kooperatif tipe mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kejuruan Muda. Data yang diperoleh dilapangan diolah dengan menggunakan kualintatif dan kuantatif. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan: Pembelajaran kooperatif tipe mind mapping memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Yaitu meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III, yaitu pada siklus I ada 23 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 67,64%, pada siklus II ada 28 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,35%, dan pada siklus III ada 31 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,17%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maulidar, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT MAPDENGAN MODEL MIND MAP PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH (Nurhayani, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM. (Suherlin, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy