//

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wirda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MIND MAPPING METHOD
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: metode, Mind Mapping, koloid, hasil belajar, aktivitas siswa, respon siswa Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Banda Aceh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kognitif, penilaian mind mapping, observasi aktivitas dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal sebesar 87,09%. Hasil pembuatan mind mapping menunjukkan 2 kelompok siswa dikategorikan sangat terampil dengan skor 90%, dikategorikan terampil diperoleh oleh 2 kelompok siswa dengan skor 85% dan skor 75% serta dikategorikan cukup terampil 1 kelompok siswa dengan skor 70%. Persentase aktivitas siswa selama proses belajar mengajar pada pertemuan I dan II sama-sama mencapai 87,5%. Respon siswa dengan tanggapan positif sebesar 86,29% dan tanggapan negatif sebesar 13,70%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode mind mapping dapat menuntaskan hasil belajar siswa, dan membuat siswa lebih kreatif dalam pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maulidar, 2018)

THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT GRADE VIII, SEMESTER 1,SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA IN ACEH TENGGARA) (RUSYDI, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy