//

PENGARUH DOSIS KOMPOS DAN TRICHODERMA HARZIANUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (SOLANUM LYCOPERSICUM MILL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALHAFIDH AULIA MAWARDINUR - Personal Name
SubjectCOMPOST
TOMATOES-GARDEN CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dosis kompos dan T. harzianum serta interaksi antara dosis pupuk kompos dan dosis T. harzianum terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan di lahan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Provinsi Aceh dari bulan Januari 2013 sampai dengan Maret 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3. Adapun faktor yang diteliti adalah, faktor pupuk kompos terdiri dari 3 taraf yaitu: Tanpa Pupuk Kompos, Pupuk kompos 20 ton ha^(-1) (5,4 kg bedeng^(-1)), Pupuk kompos 30 ton ha^(-1) (8,2 kg bedeng^(-1)) dan faktor T. harzianum terdiri dari 3 taraf, yaitu: Tanpa T. harzianum, T. harzianum 20 g/batang dan T. harzianum 30 g/batang. Secara keseluruhan terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan, dengan demikian diperoleh 27 plot percobaan. Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman pada umur 20, 40 dan 60 HST diameter batang pada umur 20, 40 dan 60 HST, jumlah buah , diameter buah, bobot buah/tanaman dan produksi buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis kompos berpengaruh sangat nyata terhadap diameter batang umur 60 HST dan jumlah buah tanaman tomat, berpengaruh nyata terhadap berat buah tanaman tomat dan produksi buah tanaman tomat dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman tomat umur 20,40,60 HST, diameter batang tanaman tomat umur 20,40 HST dan diameter buah tanaman tomat. Dosis T. harzianum berpangaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman tomat umur 60 HST dan diameter batang tanaman tomat umur 60 HST dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman tomat umur 40 HST, diameter batang tanaman tomat umur 40 HST, jumlah buah tanaman tomat, berat buah tanaman tomat dan produksi buah tomat (ton ha-1) umur 60 HST dan berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman tomat umur 20 HST, diameter batang tanaman tomat umur 20 HST dan diameter buah tanaman tomat. Pada penelitian ini dosis kompos 30 ton ha^(-1) (K2) mendapatkan hasil cenderung lebih baik dan dosis T. harzianum 30 g/batang juga mendapatkan pertumbuhan dan hasil tanaman tomat cenderung lebih baik. Penelitian ini tidak terdapat interaksi antara perlakuan dosis kompos dan dosis T. harzianum. Kata Kunci : Kompos, T. harzianum, Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat, Interaksi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

KEEFEKTIFAN TRICHODERMA VIRENS DAN TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR MELOIDOGYNE SPP. PADA TANAMAN TOMAT (Wahyusa Eka Putra, 2013)

UJI MASA SIMPAN PELET TRICHODERMA HARZIANUM DAN KEMAMPUANNYA DALAM MENGHAMBAT PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA BIBIT TOMAT (RIZKA MUSFIRAH, 2018)

PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Fitria Ulfah, 2014)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS KOMPOS YANG DIPERKAYA TRICHODERMA HARZIANUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (CHRISTINA SEPWANTI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy