//

KOMPOSISI BIOCHAR PADA MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK RNUREA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE RNGAJAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR OFFICINALE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSMANIDAR - Personal Name
SubjectGINGER
FERTILIZERS
SPICES-AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

RINGKASAN YUSMANIDAR. “Komposisi Biochar pada Media Tanam dan Dosis Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jahe Gajah (Zingiber officinale var officinale)”. Dibawah bimbingan Cut Nur Ichsan sebagai pembimbing utama dan Jumini sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi biochar pada media tanam dan dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jahe serta untuk mengetahui interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lamkeunung, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian berlangsung dari bulan Desember 2013 sampai bulan Febuari 2014. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah biochar, bibit jahe varietas gajah, urea dan polibag. Alat yang digunakan adalah gembor, meteran, cangkul dan timbangan serta alat tulis menulis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 4 x 3 dengan 3 ulangan, dengan 12 kombinasi perlakuan dan 36 satuan percobaan. Perlakuan pada penelitian meliputi: Tanah : pupuk kandang : Biochar (9 kg tanah : 1 kg Pupuk Kandang : 0 g Biochar), Tanah : pupuk kandang : Biochar (8.6 kg tanah : 1 kg pupuk kandang : 400 g Biochar), Tanah : pupuk kandang : Biochar (8.2 kg tanah : 1 kg pupuk kandang : 800 g Biochar), Tanah : pupuk kandang : Biochar (7,8 kg tanah : 1 kg Pupuk kandang : 1200 g Biochar). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman umur 50, 60, 70 dan 80 HST, jumlah anakan umur 50, 60, 70 dan 80 HST, bobot berangkasan basah, berat rimpang basah dan berat rimpang kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan komposisi biochar pada media tanam berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, umur 50, 60, 70 dan 80 HST, bobot berangkasan basah, berat rimpang basah, dan berat rimpang kering. Dosis pupuk urea berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 50, 60, 70 dan 80 HST, berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah anakan umur 50, 60, 70 dan 80 HST, bobot berangkasan basah, berat rimpang basah dan berat rimpang kering. Tidak terdapat interaksi anatara komposisi biochar pada media tanam dan dosis pupuk urea terhadap semua peubah yang diamati. Hal ini menunjukkan respon tanaman akibat pengaruh komposisi biochar pada media tanam tidak dipengaruhi oleh dosis pupuk urea. Demikian pula respon tanaman akibat pengaruh dosis pupuk urea tidak dipengaruhi oleh komposisi biochar pada media tanam.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS KCL DAN DOLOMIT TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN KUALITAS RIMPANG JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSC) (Rahmayati, 2017)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

PENGARUH EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE)RNTERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (NENDA SRIWIDASARI, 2014)

UJI EFEKTIFITAS MINYAK ATSIRI JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSC.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI.L INSTAR III (Cut Lisa Afrianna, 2016)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Ana Farhana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy