//

UJI PERFORMANSI KOLEKTOR SURYA PLAT DATAR DENGAN MENGGUNAKAN KENDAL (LEMAK SAPI) DAN PARAFIN SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN PANAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fahrurrazi - Personal Name
SubjectSOLAR COLLECTORS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

FAHRURRAZI. 0805106010030. Uji Performansi Kolektor Surya Plat Datar dengan Menggunakan Kendal (Lemak Sapi) dan Parafin Sebagai Media Penyimpan Panas. Di bawah Bimbingan Mustaqimah, S.TP., M.Sc sebagai Pembimbing Utama dan Bambang Sukarno Putra S.TP., M.Si. sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Energi matahari merupakan salah satu sumber energi alternatif yang sangat mudah diperoleh di Indonesia secara gratis, karena Indonesia merupakan Negara yang terletak di daerah khatulistiwa. Kolektor surya merupakan salah satu teknologi pemanfaatan energi termal matahari secara efisien. Kolektor surya merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengumpulkan energi matahari yang masuk dan diubah menjadi energi thermal dan meneruskan energi tersebut ke fluida. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja kolektor surya plat datar dengan kendal (lemak sapi) dan parafin sebagai media penyimpan panas. Persiapan alat uji kolektor surya plat datar yaitu lilin dan lemak sapi yang telah dipanaskan hingga mencair, dimasukkan kedalam pipa tembaga, kemudian kolektor surya diletakkan pada posisi orientasi dengan sudut kemiringan 20o, selanjutnya dipasangkan Channel Haybrid Recorder pada plat, ruangan, media penyimpan panas, kaca dan outlet. Sedangkan Thermometer, Anemometer dan Solarimeter diletakkan di dekat kolektor surya. Dimana lama pengujian per harinya yaitu 8 jam 30 menit (pukul 09.00-17.30 WIB) pada cuaca yang cerah. Selanjutnya mengukur data suhu plat, suhu ruangan, suhu media penyimpan panas, suhu kaca dan suhu outlet, suhu lingkungan, serta mengukur radiasi matahari dan kecepatan angin. Pengambilan data dilakukan dengan interval waktu 15 menit. Kemudian menghitung besar total radiasi dan jumlah energi yang dihasilkan oleh kolektor surya plat datar. Berdasarkan hasil penelitian, total radiasi tertinggi terjadi pada hari pertama sebesar 4240,82 (Watt Jam/m2). Jumlah energi yang diterima oleh kolektor tertinggi terjadi pada hari pertama yaitu sebesar 5540,07 kJ. Untuk media penyimpan panas menggunakan parafin menghasilkan suhu rata-rata sebesar 44,51oC. Sedangkan Untuk media penyimpan panas menggunakan Kendal menghasilkan suhu rata-rata sebesar 43,20oC. Kolektor surya plat datar dengan menggunakan parafin sebagai media penyimpan panas dapat menghasilkan suhu rata-rata pada outlet yaitu sebesar 43,8oC. Sedangkan kolektor surya plat datar dengan menggunakan kendal (Lemak Sapi) sebagai media penyimpan panas dapat menghasilkan suhu rata-rata pada outlet yaitu sebesar 45,6oC. Suhu plat kolektor, ruang absorber, media penyimpanan panas, kaca penutup dan outlet kolektor sangat dipengaruhi oleh radiasi surya dan suhu lingkungan, dimana suhu dapat berubah setiap detik karena pengaruh dari radiasi surya dan suhu lingkungan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan parafin dan kendal sebagai media penyimpan panas sangat baik untuk kinerja kolektor surya, dimana suhu kolektor surya tetap stabil pada saat radiasi matahari sudah tidak ada.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH VARIASI BENTUK PLAT TERHADAP PERFORMANSI SOLAR WATER HEATER (Teuku Syahrul, 2018)

RANCANG BANGUN DAN UJI KINERJA KOLEKTOR SURYA TIPE PLAT DATAR DENGAN PARAFIN SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN PANAS (Miftahurrahmah, 2013)

PENGARUH BENTUK KOLEKTOR KONSENTRATOR TERHADAP EFISIENSI PEMANAS AIR SURYA (Irwandi ZA, 2015)

UJI FUNGSIONAL KOLEKTOR SURYA PLAT DATAR DENGAN MENGGUNAKAN LILIN SEBAGAI MEDIA PENYIMPAN PANAS (Nelly Safriani, 2015)

PENGARUH KONFIGURASI MATERIAL PENYIMPAN PANAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMANASKAN AIR PADA KOLEKTOR KONSENTRATOR TIPE SILINDRIS (ISLAHUL UMAM, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy