//

PEMBUATAN BRIKET MODIFIKASI BERBASIS SERBUK KAYU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nela Wirja - Personal Name
SubjectBRIQUETTES - FUELS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Limbah serbuk kayu selama ini telah dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif namun pemanfaatan ini belum optimal, karena masih banyak limbah seperti serutan kayu dan daun kering yang belum digunakan untuk pembuatan briket. Akibatnya perlu dilakukan modifikasi briket berbasis serbuk kayu untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah agar menghasilkan briket yang berkualitas dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian, antara lain metode eksperimen yaitu dilakukan pengeringan bahan baku, variasi komposisi sampel, pencetakan dan pengujian secara langsung kepada briket. Briket yang didapatkan kemudian dianalisis terhadap hasil pencetakan briket, nilai kalor briket dan nilai efisiensi pembakaran briket. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kalor tertinggi adalah pada sampel 1 dengan tekanan 10 ton sebanyak 21067 kal/g dengan panjang briket 5,5 cm serta nilai rapat massa 1,03 g/cm3 dengan efisiensi pembakaran briket 3%. Sedangkan nilai kalor terendah pada sampel 6 yaitu 8219 kal/g, panjang briket 6,05 cm serta kerapatan massa 0,94 g/cm3 dengan nilai efisiensi 8%. Perbedaan nilai kalor tersebut disebabkan pembakaran pada bomb kalorimeter tidak dipengaruhi tekanan pencetakan tetapi dipengaruhi oleh komposisi dan ukuran partikel sampel. Adapun variasi komposisi sampel yaitu sampel 1 (30 g serutan kayu : 10g serbuk halus berukuran butir di atas 70 mesh) dan sampel 6 (30 g serbuk kasar berukuran butir di bawah 40 mesh : 10 g serutan) dan sampel lainnya. Kata kunci: daun, serutan, nilai kalor, briket, nilai efisiensi pembakaran briket

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI PERFORMANSI ALAT PENGEMPA BRIKET SEMI MEKANIS TIPE KEMPA ULIR (FAKHRURRAZI, 2015)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MEDANG (LITSEA SP) TERHADAP LOGAM KADMIUM (II) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Kana Puspita, 2015)

PEMANFAATAN LIMBAH SERBUK KAYU ARANG SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN LATASTON TIPE A (ADE NOVITA, 2019)

UJI DAYA SERAP SERBUK GERGAJI KAYU MERBAU (INTSIA SP) TERHADAP LOGAM TIMBAL(II) (Faucut Sarah, 2017)

PEMANFAATAN ABU SERBUK KAYU DAN STYROFOAM SEBAGAI MATERIAL CAMPURAN LASTON LAPIS AUS DENGAN METODE PENCAMPURAN KERING (Suci Pratiwi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy