//

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINDAKAN PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Millati Ahya - Personal Name
SubjectHYPERTENSION
HEALTH CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Gambaran tingkat pengetahuan dan tindakan pencegahan hipertensi pada masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan tindakan pencegahan hipertensi pada masyarakat Kecamatan Darussalam Kabuptaen Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain potong lintang (cross sectional). Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 1146 orang dengan jumlah sampel sebanyak 117 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala Guttman dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan menggunakan taraf signifikansi ἀ=0,05. Hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan hipertensi pada masyarakat Kecamatan Darussalam menunjukkan 37,6% berada pada kategori baik, 41% berada pada kategori sedang dan 21,4% berada pada kategori cukup. Tindakan pencegahan hipertensi pada masyarakat Kecamatan Darussalam menunjukkan bahwa 9,4% berada pada kategori baik, 30,8% berada pada kategori sedang dan 59,8% berada pada kategori cukup. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara tingkat pengetahuan dengan tindakan pencegahan hipertensi pada masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) PADA SISWA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Diana, 2019)

STUDI PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN MALARIA DI KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Fatisa Herlinda, 2014)

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT FILARIASIS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Julia Novita Astri, 2016)

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (YUNI FAJRI, 2014)

PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR AKIBAT BANJIR DI GAMPONG LON ASAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (EPI SUSANTI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy