//

STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)DI DESA ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFKY AGUSTIAN - Personal Name
SubjectINCOME
SHRIMPS-FISHING INDUSTRY
PONDS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Budidaya tambak udang merupakan salah satu usaha yang prospektif dilihat dari aspek pasar, terutama pasar dunia dengan tujuan utama ekspor ke Jepang, Uni Eropa dan Amerika Serikat guna menggerakkan perekonomian daerah. Kecamatan Peureulak masih menghasilkan perikanan dalam jumlah yang besar setelah Madat Budidaya udang windu di Aceh sebagian besar menggunakan teknologi tradisional dan tradisional plus. Petambak udang di desa Ulee Ateung secara garis besar menggunakan pola tradisional dengan luas tambak berkisar 2 – 3 ha. Lahan tambak saat ini sudah terkontaminasi dengan virus yang masuk ke areal tambak melalui media air yang tercemar dengan berbagai macam limbah kimia. Yang paling dikhawatirkan, terjadi roob, air yang kualitasnya buruk itu kembali lagi saat air pasang dan masuk ke tambak sewaktu pergantian air. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah dapat diidentifikasikan sebagai berikut : (1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas tambak udang di Desa Ulee Ateung Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur? (2) Bagaimana strategi yang digunakan petambak untuk meningkatkan produktivitas tambak udang windu? Hasil penelitian adalah Produktivitas luas lahan = 1.333,38 Kg/Ha, Produktivitas benur = 9,55 Kg/Ha, Produktivitas pakan = 8,27, Produktivitas tenaga kerja = 1,25, Produktivitas pupuk dan kapur = 64,20, Produktivitas obat-obatan =90,50, Produktivitas biaya total = 1,32, Besarnya pendapatan = Rp 28.928.557 dan R/C = 1,57. Berdasarkan hasil regresi linier berganda keseluruhan variable berpengaruh nyata terhadap produktivitas tambak. Strategi yang digunakan adalah agresif. Kesimpulannya adalah Faktor benih, pakan, tenaga kerja, volume kolam, pupuk dan kapur, serta obat-obatan dan biaya produksi yang mempengaruhi produktivitas usaha tambak udang di daerah penelitian. Besarnya pendapatan yang diterima oleh petambak dari usaha tambak udang didaerah penelitian yaitu adalah sebesar Rp 28.928.557,- per MT. dengan R/C 1,57 serta tingkat produktivitas tinggi dan Adapun strategi yang digunakan oleh petani tambak udang dalam usaha meningkatan pendapatannya adalah dengan menerapkan strategi yang agresif yaitu dengan menanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada dalam usaha tambak udang ini. Kata Kunci : Produktivitas, Pendapatan, Strategi Usahatani Tambak Udang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI UDANG PUTIH (LITOPENAEUS VANNAMEI) UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Al-Furqan, 2017)

KADAR PROTEIN KASAR UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) JANTAN DAN BETINA PADA DUA LOKASI BERBEDA (Zulhelmi, 2017)

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN TAMBAK UDANG WINDU DI KECAMATAN JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (SALSABILA, 2018)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (ASIH WULANDARI, 2014)

PENAMBAHAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) (MEUTIA RAHMAWATI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy