//

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI ACEH RNDI DESA PAGAR AIR KECAMATAN INGIN JAYA RNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulkaini - Personal Name
SubjectCATTLE-AGRICULTURAL ECONIMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banyaknya para peternak sapi di Desa Pagar Air Kecamatan Ingin jaya Kabupaten Aceh Besar memelihara sapi di daerah bantaran sungai (DBS) krueng aceh disebabkan faktor ketersediaan lahan, kondisi lahan dan efisiensi lahan. Faktor ketersediaan lahan, dimana lahan di luar bantaran sungai umumnya adalah lahan persawahan, hal ini jelas sangat merugikan para petani padi sawah, kondisi lahan lebih disebabkan lahan bantaran sungai pada umumnya di desa tersebut tidak dipergunakan sebagai lahan perumahan, akan tetapi lebih banyak dipergunakan sebagai lahan pertanian dan peternakan. Berpijak pada uraian di atas, masalah dapat dirumuskan sebagai berikut : Seberapa besar pendapatan usaha ternak sapi di Bantara Sungai Krueng Aceh Desa Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Objek penelitian ini adalah petani yang mengusahakan ternak sapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Adapaun model analisis yaitu analisis pendapatan, BC ratio, ROI danBEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak sapi di Desa Pagar Air Kecamatan Ingin jaya Kabupaten Aceh Besar telah menguntungkan yaitu dengan besarnya pendapatan pendapatan yang diterima oleh petani di daerah penelitian yaitu mencapai Rp.10.175.512 per tahun, dimana besarnya biaya produksi mencapai Rp.26.960.852 per tahun dengan jumlah produksi yang dihasilkan adalah 4 ekor lembu dengan harga jual sebesar Rp.9.500.000 per ekor atau besarnya nilai penjualan mencapai Rp.37.136.364 per tahun. Kesimpulan Usaha ternak sapi di Bantaran Sungai Krueng Aceh telah memberikan pendapatan bersih yang layak bagi peternak. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pendapatan usaha ternak sapi Rp.10.175.512 per tahun dengan skala usaha 4 ekor sapi per tahun. Kemudian hasil perhitungan ROI, mencapai = 37,74%, BEPharga jual = Rp.6.740.213 per ekor dan BEPjumlah produksi mencapai = 3 ekor. Dianjurkan kepada para peternak dalam usaha pengembangan ternak sapi Aceh diharapkan agar mampu menyediakan komposisi pakan yang lebih baik, sehingga proses penggemukan sapi lebih cepat. Kata Kunci : Usaha Ternak Sapi, Pendapatan, ROI, BEP

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKALA USAHA YANG MENGUNTUNGKAN PETERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Rohana Niar Fitri, 2019)

SISTEM MAWAH PADA USAHA TERNAK SAPI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (T. Hafid Mushawwir , 2013)

ALOKASI WAKTU KERJA DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI POTONG TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI BANTARA KRUENG ACEH DESA LIMPOK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (vika afziani, 2014)

SISTEM PEMELIHARAAN SAPI POTONG DI KECAMATAN KUTA COT GLIE DAN KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (ABIZAR, 2015)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN MEURAH DUA, KABUPATEN PIDIE JAYA (MUHAMMAD IRFAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy