//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASIH WULANDARI - Personal Name
SubjectFISHES
AQUACULTURE
FISH FARMING-FRESHWATER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang identifikasi dan prevalensi ektoparasit pada udang windu (Penaeus monodon) dan ikan bandeng (Chanos chanos) di tambak tradisional Gampong Pande, Banda Aceh telah dilakukan pada bulan Maret 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, prevalensi dan intensitas ektoparasit yang menginfeksi udang windu dan ikan bandeng di tambak tradisional Gampong Pande, Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 3 kali sampling dengan total masing-masing sampel ikan 30 ekor. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan 2 filum ektoparasi. Ektoparasit yang menginfeksi udang windu dari filum Protozoa yaitu Vorticella sp. dengan prevalensi 70% serta intensitas yang ditemukan 40 ind/ekor dan Zoothamnium sp. dengan prevalensi 53,3% dengan intensitas 61 ind/ekor. Sedangkan pada ikan bandeng juga ditemukan satu jenis ektoparasit dari filum Protozoa yang menyerang yaitu Trichodina sp. dengan nilai prevalensi 50% serta intensitasnya 9 ind/ekor dan dua jenis ektoparasit dari filum Platyhelminthes yaitu Diplectanum sp. dan Dactylogyrus sp. dengan nilai prevalensi dan intensitas yang sama yaitu 40% dan 8 ind/ekor. Ektoparasit yang menginfeksi udang windu banyak ditemukan pada organ kaki jalan sedangkan ikan bandeng banyak ditemukan pada bagian lendir dan insang. Perbedaan tingkat prevalensi dan intensitas ektoparasit yang menginfeksi udang windu dan ikan bandeng dapat disebabkan oleh pergerakan udang yang lambat dibandingkan bandeng yang merupakan perenang cepat, selanjutnya tingkah laku udang yang hidup di dasar perairan serta perbedaan umur tebar udang dan bandeng di tambak. Kata kunci: Ektoparasit, prevalensi, intensitas, udang windu, ikan bandeng.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI JENIS-JENIS EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) BERDASARKAN TEMPAT PEMELIHARAAN INTENSIF DAN SEMI INTENSIF (Fitria, 2018)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL (MEOH) BUAH TAKOKAK (SOLANUM TORVUM)TERHADAP IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Nurul Fiqriah, 2014)

KADAR PROTEIN KASAR UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) JANTAN DAN BETINA PADA DUA LOKASI BERBEDA (Zulhelmi, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN GAMAL(GLIRICIDIA SEPIUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Taufiqul Rusydisyah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy