//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) DAN IKAN KUWE (CARANX SEXFASCIATUS) DI KERAMBA JARING APUNG GAMPONG PANDE, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Lazita - Personal Name
SubjectAQUACULTURE
FISH FARMING-FRESHWATER
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kelautan dan perikanan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang identifikasi dan prevalensi ektoparasit pada ikan kerapu lumpur (Epinephelus tauvina) dan ikan kuwe (Caranx sexfasciatus) di keramba jaring apung Gampong Pande, Banda Aceh telah dilakukan pada bulan Maret 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, prevalensi, dan intensitas ektoparasit yang menginfeksi ikan kerapu lumpur (Epinephelus tauvina) dan ikan kuwe (Caranx sexfasciatus). Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 3 kali sampling dengan total sampel masing-masing ikan 30 ekor. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisa secara deskriptif. Jenis ektoparasit yang ditemukan pada ikan kerapu yaitu Diplectanum sp. dengan tingkat prevalensi 100%, Trichodina sp. 30% , Dactylogyrus sp. 36,67% dan Piscicola sp. 43,33% sedangkan pada ikan kuwe; Trichodina sp. dengan prevalensi 23,33% dan Microcotyle sp. 33,33%. Tingkat intesitas ektoparasit pada ikan kerapu yaitu Diplectanum sp. 76,40 ind/ekor, Trichodina sp. 3,77 ind/ekor, Dactylogyrus sp. 10,54 ind/ekor, dan Piscicola sp. 2,08 ind/ekor, sedangkan pada ikan kuwe; Trichodina sp. 2,71 ind/ekor dan Microcotyle sp. 2,80 ind/ekor. Ektoparasit yang menginfeksi ikan kerapu lumpur dan ikan kuwe banyak ditemukan pada lendir dan insang. Prevalensi dan intensitas ektoparasit yang menginfeksi ikan kerapu lumpur (Epinephelus tauvina) lebih tinggi dibandingkan ikan kuwe (Caranx sexfasciatus) karena adanya perbedaan umur ikan. Kata kunci: Ektoparasit, kerapu, kuwe, prevalensi, intensitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) YANG TERINFEKSI BAKTERI (AEROMONAS HYDROPHILA) (SYAHRUL AZWARI, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA IKAN KERAPU (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) KERAMBA JARING APUNG DI DESA DEAH BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH (STUD KASUS) (NASRUL, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (ASIH WULANDARI, 2014)

IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA IKAN PARI (DASYATIS SP.) DI PASAR IKAN PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Arini Ulfa Khaira, 2016)

DISTRIBUSI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA(OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBUDIDAYAKAN DIKARAMBA JALA APUNG DANAU MANINJAU PROVINSI SUMATERA BARAT (WINDA AYULIZA PUTRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy