//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DYAH NURSINA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pengaruh, Team Assisted Individualization (TAI), Prestasi Belajar. Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMAN 6 Banda Aceh. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 6 Banda Aceh terdiri dari 6 kelas sebanyak 151 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,8 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran sejarah. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t, sehingga diperoleh hasil thitung = 21,0 dan ttabel = 1.68 dengan taraf signifikan 5% (α = 0.05) dengan derajat kebebasan (dk) = n – 2 = 44, sehingga diperoleh thitung ≥ ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 6 Banda Aceh, dengan nilai r(xy) = 0,95.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI PLANTAE (LUMUT) DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (NOVIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM RNASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ROZALIA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ria Purnama Sari, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Devita Fadillah, 2016)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Meli Andani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy