//

EFEK EKSTRAK ETANOL DAUN SAMBUNG NYAWA (GYNURA PROCUMBENS) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) STRAIN SWISS YANG DIINDUKSI ALOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dessy Mariana - Personal Name
SubjectMEDICAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit gangguan metabolisme karbohidrat yang ditandai dengan kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia) dan adanya glukosa dalam urin (glukosuria). Daun sambung nyawa (Gynura procumbens) merupakan sumber daya tumbuhan di Indonesia yang dapat digunakan untuk menurunkan peningkatan kadar glukosa darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun sambung nyawa dalam menurunkan kadar glukosa darah mencit (Mus musculus) strai swiss Webster yang di Induksi aloksan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan membagi 5 kelompok perlakuan dan 2 kelompok kontrol, masing-masing diulang sebanyak 5 kali. Kelompok perlakuan P1,P2 dan P3 diberi ekstrak etanol daun sambung nyawa berturut-turut dengan dosis 100mg/kgBB, 150mg/kgbb dan 200mg/kgBB selama 3 hari. Kelompok kontrol positif (KP) diberi glibenklamide 10 mg/kgBB dan kelompok kontrol negatif (KN) yang diberi akuades 0,2 cc. Data dianalisis dengan ANAVA satu arah dan dilanjutkan dengan LSD pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan P1,P2 dan P3 mampu menurunkan kadar glukosa darah menjadi 190,80 mg/dl,138,00 mg/dl dan 121,00mg/dl, sedangkan pada perlakuan kelompok kontrol positif (KP) kadar glukosa darah menjadi 77,80 mg/dl, dan kelompok perlakuan negatif (KN) menjadi 201,20 mg/dl. Dosis yang paling efektif dalam menurunkan peningkatan kadar glukosa darah adalah 200mg/kgBB. Kata Kunci: Gynura procumbens, Mus musculus, Aloksan, Diabetes mellitus, Kadar glukosa darah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIFUNGI EKSTRAK ETANOL 96% DAUN SAMBUNG NYAWA (GYNURA PROCUMBENS (LOUR.) MERR.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS ATCC 10231 (FINA FITRIA ANDIKA, 2019)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA LAM.) PADA MENCIT JANTAN (MUS MUSCULUS) HIPERGLIKEMIK YANG DIINDUKSI ALOKSAN (Dinni, 2018)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) DENGAN METODE TOLERANSI GLUKOSA (Qurratun Aiyun, 2016)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN LEGUNDI TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA MENCIT (Iqlima, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL KULIT BUAH MANGGIS (GARCINIA MAGOSTANA L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN (INDRA ANAS SULAIMAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy