Search :

Advance


PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VIVIN ANDRIANA - Personal Name
Subyek TEACHING METHODS
DISCOVERY LEARNING METHOD
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Metode Pembelajaran Discovery Learning Sebagai salah satu materi matematika, aritmatika sosial merupakan materi yang masih dirasakan sulit dipahami oleh siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh dan pembelajaran masih hanya berorentasi pada guru. Salah satu faktor agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik perlu digunakan metode pembeajaran discovery learning, dikarenakan pembelajaran discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran yang memberi kesempatan kreatifitas siswa dengan mendasarkan kepada potensi siswa agar siswa menemukan pengalaman atau hasil belajarnya sendiri. Dengan menerapkan metode pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika menjadi lebih baik. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian adalah “Apakah dengan penerapan metode Discovery Learning siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada Aritmatika Sosial di kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning pada materi aritmatika di kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design jenis Pre-test and Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil satu kelas secara purposive sampling yaitu kelas VII2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, Lembar Observasi Kemampuan Guru (LOKG), Lembar Observasi Aktivitas Siswa (LOAS) , dan angket respon siswa. Pengolahan data secara Analisis dan Kuantitatif. Kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Haris Hidayat Ismil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.