//

GAMBARAN DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang tetry larasati - Personal Name
SubjectDEPRESSION - MEDICINE
ERDERLY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Depresi merupakan suatu keadaan mental mood yang menurun yang ditandai dengan kesedihan, perasaan putus asa dan tidak bersemangat Depresi pada lansia dipengaruhi akibat proses penuaan, jenis kelamin, kehilangan anggota keluarga, dukungan keluarga dan status perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran terjadinya depresi pada lansia di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif cross-sectional survey. Sampel adalah seluruh lansia diUPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh.Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disertai skala Beck Depression Inventory (BDI).Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dan dianalisis dengan analisis univariat.Data disajikan dalam table distribusi frekuensi dan grafik.Hasil penelitian terhadap 43 orang lansia ditemukan 33 orang mengalami depresi dan 10 orang tidak depresi. Lansia yang depresi terdiri dari 39,4% mengalami depresi sedang, 33,3% mengalami depresi berat dan 27,3% mengalami depresi ringan. Lansia yang berjenis kelamin perempuan mengalami depresi sedang sebanyak 47,4% ,lansia yang kehilangan keluarga mengalami depresi berat sebanyak 61,1%, lansia yang ada dukungan keluarga mengalami depresi sedang sebanyak 64,3% dan lansia yang berstatus belum kawin mengalami depresi berat sebanyak 75,0%. Hal ini memperlihatkan bahwa, lansia cenderung mengalami depresi sedang, lansia yang berjenis kelamin perempuan cenderung mengalami depresi sedang, lansia yang mengalami kehilangan keluarga cenderung mengalami depresi berat, lansia yang ada dukungan keluarga cenderung mengalami depresi sedang dan lansia yang berstatus belum kawin cenderung mengalami depresi berat. Kata kunci: Depresi, Lansia, Beck Depression Inventory (BDI),Dukungan Keluarga, Kehilangan Keluarga

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI PSIKOLOGIS LANSIA YANG DEPRESI DAN UPAYA PENANGANANNYA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULA ARIFA, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI TERHADAP KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA DI UPTD PANTI JOMPO RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Cut Harvina, 2015)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT DEPRESI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (feriandi handuga, 2018)

PERILAKU LANSIA DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (ZURIFIRNA AYUNIARA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy