//

GAMBARAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN DIABETES MELLITUS DI RUANG RAWAT PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 1 JANUARI - 31 MEI 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Fajri - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS
TUBERCULOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi kronik menular yang masih merupakan masalah kesehatan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Laporan WHO pada tahun 2009 mencatat peringkat Indonesia menurun ke posisi 5 dengan dengan jumlah penderita TB sebanyak 429 ribu orang. DM merupakan faktor predisposisi untuk terjadinya reaktivasi dari infeksi tuberkulosis dengan risiko relatif untuk berkembang menjadi TB paru bakteriologis positif lima kali lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran penderita TB paru dengan DM di Ruang Rawat Paru RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Semua penderita TB paru dengan DM menurut WHO dan IUATLD tahun 2008 didata, diolah secara deskriptik dan disajikan ke dalam tabel frekuensi. Dari hasil penelitian kategori TB paru pada penderita TB paru dengan DM di Ruang Rawat paru RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada periode 1 januari – 31 Mei 2011, ditemukan 72,2% kategori I dan 27,8% kategori II; gambaran BTA sputum pada pasien ditemukan 66,7% BTA positif dan 33,3% BTA negatif; tipe DM pada pasien ditemukan 100% DM tipe 2; berdasarkan usia angka kejadian terbesar adalah dewasa tua yaitu 66,7%; berdasarkan jenis kelamin yang menempati proporsi terbesar adalah laki – laki sebanyak 61,1%. Dari penelitian yang telah dilakukan diharapkan masyarakat bisa bekerja sama menciptakan lingkungan dan perilaku hidup sehat seperti tidak merokok, menjaga kebersihan makanan dan lingkungan, mawas diri terhadap lingkungan sekitar, segera periksa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat kalau ada tanda-tanda tuberkulosis paru. Kata kunci : Tuberkulosis, Diabetes mellitus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

KARAKTERISTIK PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI 2014 - MEI 2014 (LIA JAMAYANTI R, 2015)

GAMBARAN KEBERHASILAN PENGOBATAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN TB PARU DENGAN KOMORBID DM DI POLI DOTS RDUDZA BANDA ACEH (Munawarah, 2017)

HUBUNGAN USIA DAN JENIS KELAMIN DENGAN KEJADIAN KATARAK PADA PENDERITA RNDIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (M. MAULIZAR AKBAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy